Solo () – Persik Kediri belum mampu memenuhi ambisinya untuk meraih tiga poin setelah bermain imbang melawan Persebaya Surabaya 0-0 dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 yang digelar di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah, pada Minggu malam.

Persik yang menjadi tuan rumah menghadapi Persebaya bermain seru dan cukup menarik, kedua kesebelasan derbi Jawa Timur bermain ngotot untuk bisa mengalahkan lawan.

Persebaya pada babak pertama langsung menggebrak melakukan penekanan ke pertahanan Persik. Sedangkan Persik mengandalkan serangan balik cepat melalui striker Youseef Ezzejari, Samsul Arif, dan Bagaskara untuk bisa menciptakan peluang.

Peluang Persebaya terjadi pada menit ke-15 babak pertama melalui tendangan kaki pemain asingnya, Marseleno, tetapi bola melambung di atas gawang Persik, sehingga belum mengubah kedudukan tetap 0-0.

Peluang kedua Persebaya terjadi pada menit 31 melalui tendangan kaki Bruno Moreira, tetapi bolanya membentur gawang Persik yang dijaga kiper Dikri Yusron, sehingga selamatlah gawang Kediri.

Persebaya kembali mendapat peluang pada menit 33 melalui tendangan kaki Samsul Arif, yang mengecoh kiper Dikri Yusron, tetapi sebelum terjadi gol lebih dahulu terperangkap offside.

Satu-satunya peluang emas dari Persik terjadi pada menit 20 melalui tendangan kaki Youseef Ezzejari, yang berdiri di depan gawang Persebaya tetapi bolanya dapat diblok pemain belakang lawan sehingga kedudukan imbang tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua masih berjalan cukup seru karena kedua tim masih berusaha memenangi pertandingan. Namun, Persebaya lebih banyak menguasai permainan dibanding Persik. Persik hanya sekali kali melakukan serangan balik cepat ke pertahanan lawan.

Baca juga: Madura United lanjutkan tren positif dengan lumat Barito Putera 3-0

Persik mendapat peluang pada menit 48 melalui tendangan kaki Youseef Ezzejari, tetapi gagal menghasilkan gol, karena bola mampu ditepis kiper Persebaya Andhika Ramandhani, yang bermain cemerlang.

Persebaya yang menguasai permainan sepanjang babak kedua mendapat peluang emas pada menit 52 melalui tendangan Marukawa, tetapi kembali gagal karena bola membentur gawang dan selamatlah gawang Persik sehingga kedudukan tetap imbang 0-0 hingga babak kedua usai.

Wasit yang memimpin pertandingan Persik melawan Persebaya, Annas Apriliandi asal Jawa Barat dalam laga tersebut mengeluarkan tujuh kartu kuning untuk Arif Satria, Alwi Slamat, Marselono, R Ridho (Persebaya), Sanjaya, Risna Prahalabenta, dan Krisna Bayu Otto (Persik).

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso usai pertandingan mengatakan Persebaya bermain menguasai pertandingan tetapi kurang beruntung dari babak pertama hingga kedua. Timnya mendominasi permainan namun belum beruntung karena dua kali tendangan membentur gawang lawan dan tidak berbuah gol.

Pelatih Persik Kediri Javier Roca mengatakan pemainnya bermain sangat atraktif dan timnya bersyukur sukses mencuri poin dari Persebaya.

Baca juga: LIB geser jadwal Seri 3 Liga 1 demi Piala AFF dan Inmendagri

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021