Solo () – Tim Persik Kediri belum mampu memenuhi keinginannya meraih tiga poin setelah bermain imbang melawan Persija dengan skor 2-2 dalam kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Persik yang menempati urutan 14 klasemen sementara ingin memperbaiki posisinya, sedangkan lawannya Persija urutan 9 klasemen sementara bertanding cukup menarik karena kedua kesebelasan menampilkan permainan terbaik untuk meraih poin penuh.

Persik pada babak pertama langsung menekan Persija baik melalui kedua pemain sayap dan tengah. Pemain Persik Doinatan Machado dan Youssejjari sering mendapat peluang menembus pertahanan Persija, tetapi belum membuahkan gol untuk timnya.

Persik mendapat peluang emas menjadi gol menit 16 melalui pemain nomor punggung 9, Doinatan Machado De Olivera, setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang Persija, bola liar disambur, Doinatan dan gol. Sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Persik.

Persija yang ketinggalan gol dari Persik langsung meningkatkan tempo permainan dengan menekan pertahanan lawan. Persija mendapat peluang emas pada menit 20 melalui tendangan keras, Novri Setiawan, tetapi sayang bolanya masih melambung tipis di atas mistar gawang Persik.

Persija baru bisa menyamakan kedudukan pada menit 35, dari kaki Alfrianto Nico Saputra, setelah memanfaatkan umpan silang dari pemain sayap kanan, Ilham Rio Fahmi, bola disambar Nico Saputra sehingga gol menjadi imbang 1-1.

Namun, Persik kembali unggul atas Persija pada menit 43 melalui tendangan kaki, Youssef Ezzejjari, setelah memanfaatkan umpan silang dari Krisna Bayu Otto, sehingga kedudukan menjadi 2-1 untuk Persik. Kedudukan 2-1 ini, bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Persela Lamongan kalahkan Persik Kediri 1-0

Memasuki babak kedua Persik melawan Persija tetap berjalan cukup menarik. Persija yang ketinggalan satu gol langsung melakukan tekanan ke pertahanan Persik untuk menyamakan kedudukan.

Persija baru dapat menyamankan kedudukan pada menit 48, melalui tendangan keras kaki strikernya, Marko Simic, setelah memanfaatkan umpan dari Andrianus Dwiki, sehingga mengubah kedudukan menjadi imbang 2-2.

Persik yang disamakan kedudukan melawan Persija terus mengantur tempo permainan. Kedua kesebelasan saling menyerang untuk bisa memenangkan pertandingan. Namun, baik Persik maupun Persija serangannya belum membuahkan untuk kemenangan timnya.

Baca juga: Manajemen Persik Kediri akhiri kerja sama dengan pelatih Joko Susilo

Bahkan, wasit yang memimpin pertandingan Persik melawan Persija, Steven Yubel Poli asal Sulawesi Utara, meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir dan kedudukan tetap imbang 2-2. Wasit dalam pertandingan itu, juga mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Agil Munawar, Faris Aditama, dan Yusuf Mailana semuanya dari Persik.

Persik yang bermain imbang 2-2 menambah satu poin dan tetap di posisi urutan 14 klasemen sementara dengan nilai 9 poin, sedangkan Persija yang mendapatkan satu poin sebelumnya menempati posisi 9 kini meningkat menjadi 6 klasemen sementara dengan 14 poin. ***3***

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2021