Solo () – Tim Persebaya Surabaya menghadapi Arema FC Malang pada pertandingan derbi Jawa Timur tidak diperkuat pemain striker andalan dalam lanjutan kompetisi BRI Liga 1 musim 2021/2021 yang akan digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/11) malam.

"Tim Persebaya menghadapi Arema FC Malang semua pemain dalam kondisi bagus, kecuali pemain strikernya Jose Wilkson, dipastikan tidak bisa diturunkan karena masih dalam kondisi cedera," kata Pelatih Persebaya Surabaya Ajik Santoso, dalam konferensi pers virtual, di Solo, Jumat.

Meskipun Persebaya tidak diperkuat Jose Wilkson, tetapi sebanyak 21 pemainnya lainnya semua bisa dan siap bertempur termasuk empat pemain tim nasional (Timnas) yang sudah kembali bergabung timnya. Empat pemain Persebaya yang bergabung Timnas, yakni Rahmad Irianto, Ernando Ari, Rizky Ridho, dan Marselino Ferdinan.

Tim Persebaya yang kini menempati posisi 6 klasemen sementara. Dengan bergabungnys empat pemain nasional tersebut Persebaya lebih banyak opsi, tetapi pelatih Aji Santoso harus melihat kondisi terakhir pemain Timnas yang kembali bergabung timnya.

"Kami melihat empat pemain Timnas yang ikut latihan timnya dalam kondisi baik. Tetapi, kami harus melihat kondisi terakhir Sabtu (6/11) pagi sebelum mereka bertanding melawan Arema FC," kata Aji Santoso.

Menurut Aji Santoso keempat pemain Timnas yang sudah kembali ke timnya tersebut yang pasti masuk daftar nama susunan pemain Persebaya dari 21 pemainnya itu.

Baca juga: Persebaya minta sidang komdis dilakukan transparan

Aji Santoso juga mantan pelatih Arema FC tersebut mengatakan sudah menyampaikan kepada pemainnya bahwa Arema FC saat ini, kondisinya meraih poin cukup bagus dan sama seperti Persebaya mendapatkan 10 poin dari empat pertandingan. Artinya, kedua tim dalam kondisi yang bagus.

"Kami sudah menyampaikan kepada seluruh pemainnya pada pertandingan besuk Sabtu (6/11), bisa mengalahkan Arema FC," kata Aji.

Meskipun, pemain depan Jose Wilkson tidak bisa diturunkan, kata Aji, Persebaya masih mempunyai dua striker yakni Johan Yoga dan Samsul Arif. Pelatih Aji selalu menekankan dengan pemainnya siapapun yang diberikan kesempatan bermain harus bisa menggunakan peluang itu, sebaik mungkin.

"Persebaya tidak pernah mengandalkan satu dua pemain. Contohnya saat melawan Persija Jakarta, tanpa diperkuat Ricky Kambuaya dan Bruno Moreira, tetap bermain dengan cara Persebaya. Jadi siapapun yang diturunkan tidak mengubah cara bermain Persebaya," kata Aji.

Pemain bek Persebaya Surabaya Reva Adi Utama mengatakan semua pemain Persebaya dalam kondisi fit dan siap baik metal maupun fisik untuk pertandingan melawan Arema FC.

Sementara itu, Pelatih Arema FC Malang Eduardo Americo Martins Goncalves mengatakan timnya akan melakukan segala upaya untuk meraih poin melawan Persebaya.

Persebaya mempunyai pemain yang bagus dan pengalaman serta timnya kompetitif. Kedua tim mempunyai kesempatan menang sama 50:50. "Kami ingin menargetkan raih tiga poin lawan Persebaya dan kami tetap respek tim lawan," katanya.

Meskipun Persebaya tanpa striker andalan, tetapi Arema tetap fokus dengan mempersiapkan timnya sendiri dalam kondisi baik. Arema tidak hanya fokus kepada satu dua pemain saja tetapi tim. ***3***

Baca juga: Gol cantik Rizky Dwi genapkan gol Arema FC tundukkan Madura United
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2021