Pernikahan di Tangsel Tetap Tinggi Selama Pandemi Covid-19

https: img.okezone.com content 2020 09 23 338 2282155 pernikahan-di-tangsel-tetap-tinggi-selama-pandemi-covid-19-ZrIRrxp9ha.jpg

TANGERANG SELATAN – Meski tengah dilanda pandemi Covid-19, jumlah pasangan yang melangsungkan pernikahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tetap tinggi. Bahkan ada kecenderungan naik dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel mencatat, jumlah pernikahan yang digelar di kantor sebanyak 770 pasangan dan pernikahan di luar kantor sebanyak 2.853 pasangan. Jika ditotal, sejak periode awal tahun hingga Agustus 2020, sebanyak 3.623 pasangan yang menikah.

“Memang tetap tinggi, trennya ada kenaikan tipis jika dibanding periode yang sama tahun lalu. Sampai Agustus kemarin, jumlahnya mencapai 3.623 pasangan yang menikah. Karena kalau menikah itu kan sudah disepakati waktunya, jadi tidak mungkin diundur atau dibatalkan,” terang Kepala Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, kepada Okezone, Selasa (22/9/2020).

Ia melanjutkan, pelaksanaan pernikahan itu tetap disesuaikan dengan ketentuan Satgas Covid-19. Sehingga tiap pasangan mempelai hanya mempertimbangkan ulang jadwal dan tempatnya saja, misalnya yang sebelumnya di gedung dan hotel, lalu diubah ke lokasi lain guna menghindari kerumunan.

“Paling jadwal dan tempatnya saja, misalnya tadi di gedung atau hotel jadi di gedung biasa yang lebih terbatas dan tak mengundang kerumunan banyak orang,” jelasnya.

Menurut Rojak, sebenarnya situasi pandemi lebih memudahkan tiap pasangan menggelar pernikahan dan resepsi secara sederhana. Satu sisi mencegah penyebaran Covid. Namun, di sisi lain lebih efisien dan bisa mengalihkan anggaran pesta resepsi kepada hal yang lebih bermanfaat.

“Betul, nikah jalan terus. Tidak terpengaruh dengan corona, usia di atas 25 tahun. Sebenarnya angkanya stabil saja, kalau pun ada kenaikan tidak banyak,” ucapnya.

Saat ini Kota Tangsel telah memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 1 bulan ke depan. Berbagai kegiatan telah dilonggarkan, termasuk misalnya menggelar resepsi pernikahan secara terbatas.

1
2

  • #Pernikahan di Tengah Covid-19
  • #Pernikahan di Masa Pandemi
  • #PSBB
  • #tangsel
  • #Pemkot Tangsel
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Terjaring Razia Tak Pakai Masker, 70 Orang Bersihkan Kawasan Malioboro

Rab Sep 23 , 2020
YOGYAKARTA – Kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan masih rendah. Sejumlah kasus Covid-19 yang terjadi di Jalan Malioboro Yogyakarta, tidak membuat masyarakat dan pengunjung sadar. Terbukti masih ada puluhan yang terjaring razia karena tidak menggunakan masker. “Razia di jantung kota Yogyakarta di Malioboro mendapatkan 70 orang yang […]