Peristiwa 7 Oktober : Bung Tomo Meninggal saat Naik Haji

https: img.okezone.com content 2020 10 07 337 2289585 peristwa-7-oktober-bung-tomo-meninggal-saat-naik-haji-IWa7Ff3Jac.jpg

JAKARTA – 7 Oktober menjadi tanggal yang bersejarah bagi sebagian orang. Sebab, beberapa momen yang tidak terlupakan pernah terjadi pada 7 Oktober dari tahun ke tahun. Beberapa momen yang terjadi pada 7 Oktober menjadi bagian dari sejarah suatu negara ataupun dunia.

Okezone merangkum sejumlah peristiwa atau momen yang terjadi pada 7 Oktober, dari berbagai sumber. Diantaranya, meninggalnya Pahlawan Nasional Bung Tomo, hingga Fauzi Bowo dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Berikut ulasan singkat 7 Oktober bersejarah menurut Okezone :

1. Jerman Timur Resmi Menjadi Negara

Republik Demokratik Jerman (RDJ) atau Jerman Timur, resmi menjadi negara pada 7 Oktober 1949. Namun, pada 13 Oktober 1989, terjadi revolusi damai. Dimana, proses adanya penyatuan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.

Proses itu selesai pada 12 September 1990. Kemudian, pada 3 Oktober 1990 terjadi reunifikasi atau penyatuan kembali Jerman. Jerman Timur dan Jerman Barat bergabung.

Jerman Timur sendiri awalnya merupakan negara Blok Timur selama periode Perang Dingin. Wilayah Jerman Timur sebelumnya merupakan wilayah Jerman yang diduduki oleh pasukan Soviet.

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, kemudian disebut Zona Pendudukan Soviet sesuai dengan hasil Perjanjian Potsdam, yang berbatasan langsung dengan Perbatasan Oder-Neisse di sebelah timur.

2. Bung Tomo Meninggal di Padang Arafah

Sutomo, atau yang lebih karib disapa Bung Tomo, merupakan salah satu pahlawan Indonesia. Bung Tomo dikenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945, atau yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bung Tomo lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 3 Oktober 1920. Ia meninggal pada 7 Oktober 1981, di usia 61, tepat empat hari setelah merayakan hari kelahirannya. Bung Tomo meninggal di Padang Arafah, ketika sedang menjalankan ibadah haji, bersama dengan istri dan dua putrinya.

Kesehatan Bung Tomo menurun ketika menjalankan ibadah haji. Ia sempat dirawat di rumah sakit daerah Jeddah. Namun, nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada 7 Oktober 1981.

Jenazah Bung Tomo kemudian diterbangkan kembali ke tanah air dan dimakamkan di TPU Ngagel Surabaya. Gelar ‘Pahlawan Nasional’ diserahkan kepada Bung Tomo pada 10 November 2008.

Baca Juga : Gara-Gara Rekam Wanita Mandi, Bapak Dua Anak Ini Dibui

3. Dimulainya Perang di Afganistan

Perang yang terjadi di Afganistan terjadi sejak 7 Oktober 2001 hingga saat ini. Perang terjadi akibat adanya serangan WTC 11 September. Dimana, Amerika Serikat memulai kampanye Perang Melawan Terorisme mereka di Afganistan, dengan tujuan menggulingkan kekuasaan Taliban, yang dituduh melindungi al-Qaeda, serta untuk menangkap Osama bin Laden.

Aliansi Utara Afganistan menyediakan mayoritas pasukan, dengan dukungan dari Amerika Serikat dan negara-negara NATO antara lain Britania Raya, Prancis, Belanda, dan Australia. Nama kode yang diberikan oleh Amerika Serikat untuk konflik ini adalah Operasi Kebebasan Abadi (Operation Enduring Freedom).

4. Fauzi Bowo Dilantik Jadi Gubernur DKI

Fauzi Bowo adalah Gubernur Jakarta dari 7 Oktober 2007 hingga 7 Oktober 2012. Ia terpilih pada pemilu kepala daerah DKI Jakarta tahun 2007 dan berpasangan dengan Prijanto.

Pasangan ini mengalahkan pasangan Adang Daradjatun dan Dani Anwar, yang pada waktu itu didukung oleh satu partai saja. Sebelum menjadi gubernur, Fauzi Bowo menjabat wakil gubernur mendampingi Sutiyoso. Fauzi Bowo digantikan oleh Joko Widodo yang terpilih pada pemilu kepala daerah DKI Jakarta tahun 2012

4. Kelahiran Vladimir Putin

Vladimir Vladimirovich Putin, lahir di Leningrad, Uni Soviet, 7 Oktober 1952, berumur 66 tahun adalah seorang politikus Rusia, dan merupakan Presiden Rusia.

Putin telah menjadi Presiden Rusia sejak 7 Mei 2012. Putin sebelumnya menjadi Perdana Menteri dari 1999 sampai 2000, Presiden dari 2000 sampai 2008, dan kembali menjadi Perdana Menteri dari 2008 sampai 2012. Pada masa jabatan keduanya sebagai Perdana Menteri, ia menjadi Ketua Partai Rusia Bersatu, sebuah partai pemerintah.

1
2

  • #Fauzi Bowo
  • #Bung Tomo
  • #Peristiwa 7 Oktober
  • #Kompilasi Okezone

Next Post

Buruh Ancam Demo Besar-besaran Tuntut Pembatalan UU Ciptaker

Rab Okt 7 , 2020
JAKARTA – Elemen buruh berencana menggelar aksi besar-besaran di Jakarta pada Kamis, 8 Oktober 2020, besok. Aksi tersebut digelar untuk menuntut pemerintah membatalkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law atau Cipta Kerja yang sudah disahkan menjadi Undang-Undang (UU) oleh DPR pada Senin, 5 Oktober 2020. “Tanggal 8 aksi di Jakarta. Tuntutannya […]