Peristiwa 5 Oktober: Lahirnya Tentara Nasional Indonesia

https: img.okezone.com content 2020 10 05 337 2288391 peristiwa-5-oktober-lahirnya-tentara-nasional-indonesia-DN6Ota6VDi.jpg

JAKARTA – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 5 Oktober tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 5 Oktober dari Wikipedia, antara lain:

1. HUT TNI

5 Oktober Tahun 1945 ,Badan Keamanan Rakyat diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (cikal bakal TNI).

Tentara Keamanan Rakyat (atau biasa disingkat dengan TKR) adalah sebuah nama angkatan perang pertama yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia, setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

TKR dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 berdasarkan maklumat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.[2] TKR dibentuk dari hasil peningkatan fungsi Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang sudah ada sebelumnya dan tentara intinya diambil dari bekas PETA.

2. Pemakaman jenazah pahlawan Revolusi

5 Oktober 1965, pemakaman jenazah Pahlawan Revolusi korban Gerakan 30 September/PKIdi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Pahlawan Revolusi adalah gelar yang diberikan kepada sejumlah perwira militer yang gugur dalam tragedi pada tanggal 30 September 1965 malam dan 1 Oktober 1965 dini hari. Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, gelar ini diakui juga sebagai Pahlawan Nasional.

3. Pesawat Hercules TNI AU jatuh

5 Oktober 1991,Pesawat C-130 Hercules TNI-AUjatuh di Jakarta Timur, menewaskan 137 orang.

Pada tanggal 5 Oktober 1991, pesawat C-130 Hercules TNI AU jatuh di daerah Condet, Jakarta Timur, menewaskan 133 prajurit Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dan 2 warga sipil. Tragedi di Condet ini terjadi disaat diselenggarakan Perayaan HUT ABRI ke 46.

4. Meninggalnya pendiri Apple Steve Jobs

Steve Jobs

Steven Paul “Steve” Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955. Ia meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011 pada umur 56 tahun.

Ia merupakan adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Jobs adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc.

Bahkan, ia juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.

(kha)

  • #Kompilasi
  • #Peristiwa 5 Oktober
  • #Tentara Nasional Indonesia
  • #HUT Ke-75 TNI
  • #HUT TNI
  • #tni

Next Post

HUT Ke-75, Ini 5 Pertempuran Terbesar TNI saat Merebut Kemerdekaan Indonesia

Sen Okt 5 , 2020
JAKARTA – 5 Oktober tiap tahunnya merupakan momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tepat pada hari ini Korps Militer menginjak usia ke-75 tahun. Demi memperingati HUT ke-75 TNI, Okezone merangkum beberapa peranan penting TNI saat Indonesia merebut kemerdekaaan. Beberapa diantaranya adalah pertempuran demi meraih kebebasan penjajahan […]