Peristiwa 4 September: Kebakaran Besar London hingga Ratu Wilhelmina Turun Takhta

https: img.okezone.com content 2020 09 04 337 2272377 peristiwa-4-september-kebakaran-besar-london-hingga-ratu-wilhelmina-turun-takhta-BF2babbnLc.jpg

JAKARTA – Beberapa peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 4 September. Agar mengingat serta menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa penting dan bersejarah yang berlangsung, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org:

476 – Romulus Augustus kaisar terakhir Kerajaan Romawi barat

Romulus Augustus kaisar terakhir Kerajaan Romawi barat, diasingkan ketika Odoacer menyatakan dirinya sebagai raja Italia dan mengakhiri Kerajaan Romawi Barat.

626 – Li Shimin, yang dikenal dengan nama Kaisar Taizong dari Tang, mengumumkan pendirian Dinasti Tang di Cina.

Kaisar Taizong lahir dengan nama Li Shimin, adalah Kaisar Dinasti Tang kedua di Tiongkok dari tahun 626 hingga 649. Ia membantu ayahandanya, Li Yuan untuk memberontak melawan Dinasti Sui di Jinyang pada 617 dan dianggap sebagai salah satu pendiri Dinasti Tang.

Taizong memainkan banyak peran penting dalam mengalahkan lawan-lawan yang berbahaya bagi Dinasti dan mengokohkan pemerintahannya di China. Dia dianggap sebagai salah satu kaisar yang berhasil memimpin Tiongkok dalam sejarah, dan rezimnya dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan pemerintahan untuk raja-raja selanjutnya.

1666 – Di London, Inggris, kerusakan paling parah dari Kebakaran Besar London terjadi.

Kebakaran besar London adalah suatu peristiwa kebakaran hebat yang melanda kota London, Inggris pada 2 September hingga 5 September 1666.

Kebakaran ini memusnahkan sebagian besar wilayah kota, tetapi tidak berhasil mencapai distrik aristokrat di Westminster, Istana Raja Charles II di Whitehall, dan sebagian besar kawasan kumuh di pinggiran kota.

Kebakaran besar London menghanguskan sekitar 13.200 rumah, 87 gereja paroki, 6 kapel, termasuk Katedral Santo Paulus dan sebagian besar bangunan-bangunan penting lainnya di London. Sekitar 100.000 orang, atau seperenam penduduk London saat itu, kehilangan tempat tinggal karena peristiwa ini

1948 – Ratu Wilhelmina dari Belanda turun takhta karena masalah kesehatan.

Ratu Wilhelmina dari Belanda turun takhta karena masalah kesehatan. Ia memimpin Belanda selama lebih dari 50 tahun, lebih lama daripada penguasa monarki kerajaan Belanda lainnya. Masa kekuasannya menjadi saksi beberapa titik perubahan di Belanda dan sejarah dunia: Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Krisis Ekonomi tahun 1933, dan juga kejatuhan Belanda sebagai penguasa kolonial.

Ia paling dikenang untuk perannya dalam Perang Dunia II di mana ia membuktikan dirinya sebagai inspirasi besar bagi gerakan perlawanan rakyat Belanda dan sebagai pemimpin utama pemerintahan Belanda di pengasingan.

2010 – Gempa di Selandia Baru

Gempa Bumi Canterbury 2010 (atau Gempa Bumi Darfield dan juga Gempa Bumi Christchurch) adalah gempa berkekuatan 7.1skala richter yang mengguncang Pulau Selatan di Selandia Baru, tanggal 4 September 2010 pukul 4:35 waktu Selandia Baru (tanggal 3 September 2010, pukul 16:35 UTC).

Baca Juga : Muncul Gerakan Coblos Semua Paslon di Pilkada Solo, PDIP: Enggak Masalah!

Gempa ini merusak fasilitas umum terutama yang berada di kota Christchurch. Dilaporkan setidaknya satu orang meninggal dunia akibat serangan jantung dan dua orang dilaporkan luka-luka.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 4,4 Terjadi di Nabire Papua, Pusatnya di Darat

1
2

  • #Peristiwa 4 September
  • #Peristiwa Hari Ini
  • #Kompilasi Okezone
  • #Kompilasi
  • #Konten Kompilasi

Next Post

Kasus Corona Melonjak, Pimpinan DPRD DKI : Kesadaran Masyarakat soal Protokol Kesehatan Rendah

Jum Sep 4 , 2020
JAKARTA – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani mengingatkan agar Pemprov DKI Jakarta dapat mengedukasi kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan Covid-19. Pasalnya, lanjut Zita, jika hal itu tidak dilakukan, angka Covid-19 di Ibu Kota dikhawatirkan terus melonjak setiap harinya. “Sebelumnya saya sudah sering […]