Peristiwa 29 Desember: Merdekanya Irlandia hingga Meledaknya Bom di Bandara La Guardia

https: img.okezone.com content 2020 12 29 337 2335356 peristiwa-29-desember-merdekanya-irlandia-hingga-meledaknya-bom-di-bandara-la-guardia-fwSu7l7Kkg.jpg

JAKARTA – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 29 Desember tiap tahunnya.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di 29 Desember dari Wikipedia, antara lain:

1937 – Perjanjian yang mengakui kemerdekaan Republik Irlandia ditandatangani oleh pemimpin Irlandia Selatan dan pemerintah Inggris.

Pada 29 Desember 1937, pemimpin Irlandia Selatan dan Pemerintah Inggris Raya resmi menandatangani perjanjian terkait pengakuan kemerdekan Irlandia. Namun dengan alasan tengah berlangsungnya Perang Dunia II, Inggris tidak melakukan isi perjanjian tersebut. Hingga akhirnya setelah Perang Dunia II, Irlandia resmi mengumumkan kemerdekaan dari Inggris pada 1949 dan mengubah namanya menjadi Republik Irlandia.

1975 – Sebuah bom meledak di Bandara LaGuardia, New York City dan menewaskan 11 orang.

Bandara La Guardia di Kota New York, Amerika Serikat, menjadi sasaran serangan bom pada 29 Desember 1975. Peristiwa ini menewaskan 11 orang dan melukai 74 lainnya. Sampai sekarang pelaku serangan bom tersebut belum diketahui

2003 – Meninggalnya Wartawan Ersa Siregar

Sory Ersa Siregar adalah seorang wartawan yang bekerja untuk stasiun televisi RCTI. Ia meninggal dunia ketika sedang meliput konflik Aceh, yakni tertembak dalam kontak senjata antara pasukan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Desa Alue Matang Aton, Kabupaten Aceh Timur.

Pada 1 Juli 2003, Ersa dan juru kamera Ferry Santoro dilaporkan hilang di Kuala Langsa, Aceh Timur. Kemudian pada 5 Juli, mobil yang digunakan Ersa dan kawan-kawannya ditemukan di Langsa, Aceh Timur, yang dikenal sebagai basis GAM.

Hingga akhirnya, jenazah Ersa ditemukan dalam baku tembak di Kuala Maniham, Simpang Ulim, Aceh Timur, pada 29 Desember 2003. Berbeda dengan Ersa, kamerawan Ferry Santoro berhasil menyelamatkan diri dari GAM.

2009 – BI Edarkan Uang Kertas Pecahan Rp20.000 dan Rp100.000

Pada 29 Desember 2004, Bank Indonesia (BI) resmi mengedarkan uang kertas pecahan Rp20.000 dan Rp100.000 tahun emisi 2004.

Bentuk fisik dari uang kertas Rp20.000 menampilkan sosok Oto Iskandar Di Nata di bagian depan, sedangkan bagian belakang bergambar pemetik teh. Hijau menjadi warna dominan dalam uang kertas ini.

Selanjutnya, bentuk fisik dari uang pecahan Rp100.000 memiliki warna dominan merah dengan bagian depan gambar Soekarno-Hatta

Lihat juga:
Kumpulan Berita Trending dan Viral di Sini
1
2

  • #Irlandia
  • #bank indonesia
  • #Peristiwa 29 Desember
  • #Kompilasi

Next Post

Netanyahu: Normalisasi Hubungan dengan Israel Wujudkan Ramalan dalam Kitab Suci

Sel Des 29 , 2020
TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim bahwa normalisasi hubungan antara Israel dan negara-negara Arab adalah realisasi dari ramalan alkitabiah. “Hebatnya, di Timur Tengah ini, kami telah secara aktif membuat kemajuan dalam mewujudkan ramalan alkitabiah tentang ‘perdamaian di bumi’, atau setidaknya di bagian bumi ini,” kata Netanyahu pada […]