Peristiwa 25 September: HUT Kota Bandung

https: img.okezone.com content 2020 09 25 337 2283398 peristiwa-25-september-hut-kota-bandung-Tkldg0BQd9.jpg

JAKARTA – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 25 September tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bandung.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 25 September dari Wikipedia, antara lain:

1. HUT Kota Bandung

1810 – Herman Willem Daendels meresmikan pindahnya kota Bandung yang dipimpin Bupati R.A. Wiranatakusumah II. Hari ini kemudian diperingati sebagai hari jadi kota Bandung.

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya.

Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, konsorsium beberapa LSMinternasional menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.

2. Kelahiran Hasan di Tiro

Dr. Teungku Hasan Muhammad di Tiro, M.S., M.A., LL.D., Ph.D. lahir di Tiro, Pidie, Aceh, 25 September 1925 dan meninggal di Kota Banda Aceh, Aceh, 3 Juni 2010 pada umur 84 tahun.

Ia adalah seorang tokoh pendiri Gerakan Aceh Merdeka, sebuah gerakan yang berusaha memperjuangkan kemerdekaan Aceh dari Indonesia. GAM resmi berdamai dengan Pemerintah Indonesia melalui perjanjian MOU Helsinki pada tahun 2005 dan menyerahkan senjata mereka.

Tgk Hasan Tiro sebagai “wali”, karena keturunan ketiga Teungku Chik Muhammad Saman di Tiro, pahlawan nasional Indonesia yang memimpin perang melawan Belanda pada tahun 1890-an.

3. John Herschel menemukan galaksi NGC 10

John Frederick William Herschel, KH, FRS adalah seorang matematikawan, astronom, kimiawan, dan fotografer Inggris yang juga berkecimpung dalam bidang botani. Dia adalah putra dari Mary Baldwin dan astronom William Herschel, dan merupakan ayah dari 12 anak.

Pada tahun 1834, John Herschel menemukan galaksi NGC 10. NGC 10 adalah galaksi spiral yang terletak di Rasi bintang Sculptor.

4. Meninggalnya Sukma Ayu

Sukma Ayu lahir di Jakarta, 10 November 1979 dan meninggal di Bogor, Jawa Barat, 25 September 2004 pada umur 24 tahun. Ia adalah seorang Aktris Indonesia berdarah Minang-Banten-Sunda.

(kha)

  • #Sukma Ayu
  • #Kota Bandung
  • #Peristiwa 25 September
  • #Kompilasi

Next Post

Epidemiolog: PSBB Jakarta Tidak Dalam Dosis yang Optimal

Jum Sep 25 , 2020
JAKARTA – Angka kasus harian pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta masih paling tinggi. Padahal, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total telah kembali dilaksanakan. Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menilai bahwa, PSBB di Ibu Kota Indonesia masih belum dalam jangka waktu yang cukup. “Sekali lagi, PSBB yang […]