Peristiwa 25 Agustus: Pasukan Inggris Bakar Washington DC hingga Neil Armstrong Meninggal

https: img.okezone.com content 2020 08 25 337 2266875 peristiwa-25-agustus-pasukan-inggris-bakar-washington-dc-hingga-neil-armstrong-meninggal-Vx2uNDjM5P.jpg

JAKARTA – Beberapa peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 25 Agustus. Untuk mengingat serta menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org:

1814 – Perang Amerika-Inggris: Pasukan Inggris membumihanguskan Kota Washington, DC

Pada 25 Agustus 1814, Pasukan Inggris membakar Kota Washiton DC. Pembakaran tersebut merupakan buntut perang perang tahun 1812 antara Britania Raya (Inggris) dengan Amerika Serikat.

Awalnya, pasukan Inggris berhasil mengalahkan tentara Amerika Serikat pada Perang Bladensburg pada 24 Agustus 2019. Keesokan harinya atau pada 25 Agustus, pasukan Inggris membakar sejumlah gedung publik di Amerika Serikat termasuk Gedung Putih atau istana kepresidenan Amerika Serikat.

Tentara Britania Raya juga membakar gedung dan fasilitas militer serta kapal perang USS New York, Columbia, dan Premethus. Serangan ini juga dilancarkan sebagai balasan atas tindakan Amerika dalam Serbuan Port Dover.

1989 – Pesawat ruang angkasa Voyager 2 berhasil mencapai Neptunus

Voyager 2 adalah sebuah pesawat antariksa tak berawak (nirawak) milik Amerika Serikat yang diluncurkan pada 20 Agustus 1977. Pesawat ini identik dengan saudaranya, Voyager 1, dengan perbedaan yaitu Voyager 2 mengikuti lintasan atau trajektori yang lebih lambat sehingga dapat bertahan pada jalur ekliptik (ecliptic) yang membuat Voyager 2 dapat dikirim ke Uranus dan Neptunus dengan bantuan gravitasi sewaktu pertemuan dengan Saturnus pada tahun 1981.

Berkat lintasan ini, Voyager 2 dapat menjadi pesawat antariksa pertama yang mencapai Uranus dan Neptunus dan menyelesaikan bagian dari “Planetary Grand Tour”, suatu susunan geometri langka planet-planet luar yang hanya terjadi sekali dalam 176 tahun.

2012 – Neil Armstrong Meninggal

Neil Alden Armstrong (lahir di Ohio, Amerika Serikat, 5 Agustus 1930 – meninggal 25 Agustus 2012 pada umur 82 tahun. Ia adalah seorang astronaut, pilot uji coba, teknisi penerbangan, profesor universitas, dan Penerbang Laut Amerika Serikat.

Ia merupakan orang pertama yang berjalan di Bulan. Sebelum menjadi astronaut, Armstrong adalah perwira Angkatan Laut Amerika Serikat dan pernah berdinas di Perang Korea.

Baca Juga : Jadi Subjek Uji Klinis Vaksin Sinovac, Ini Persiapan Ridwan Kamil

Pascaperang, ia menjadi pilot uji coba di Stasiun Penerbangan Kecepatan Tinggi Komite Penasihat Penerbangan Nasional, sekarang Pusat Penelitian Penerbangan Dryden, tempat ia mencatatkan hampir 900 penerbangan. Ia lulus dari Universitas Purdue dan menyelesaikan studi sarjananya di Universitas California Selatan.

Baca Juga : PDIP Nilai Sanksi Denda Tak Pakai Masker Tidak Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

1
2

  • #Peristiwa 25 Agustus
  • #Peristiwa Hari Ini
  • #Kompilasi Okezone
  • #Konten Kompilasi
  • #Kompilasi

Next Post

Tiangong International Announced 2020 Interim Results

Sel Agu 25 , 2020
HONG KONG, Aug 25, 2020 – (ACN Newswire) – Tiangong International Company Limited (“Tiangong International” or the “Group”; Stock Code: 0826.HK), the world’s leading manufacturer of high-end new materials, is pleased to announce its interim results for the year ended 30 June 2020. Financial Highlights– Revenue from four core businesses […]