Peristiwa 19 Agustus : Hari Jadi Mahkamah Agung

https: img.okezone.com content 2020 08 19 337 2264205 peristiwa-19-agustus-hari-jadi-mahkamah-agung-1Tj1p6uZLR.jpg

JAKARTA – Sejumlah peristiwa pernah terjadi pada 19 Agustus dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi pada 19 Agustus itu kemudian tercatat menjadi momen bersejarah.

Beberapa momen bersejarah pada 19 Agustus di antaranya, Afganistan merdeka dari Britania, hingga hari jadinya lembaga Mahkamah Agung (MA).

Berikut catatan singkat peristiwa bersejarah pada 19 Agustus dari tahun ke tahun :

1. Afganistan Merdeka

Tepat pada 19 Agustus 1919, Afganistan memerdekan diri dari Britania Raya. Pasca-kemerdekaan, Afganistan kerap berganti-ganti sistem pemerintahannya. Afganistan sendiri merupakan republik Islam presidensial unitari, dengan Islam sebagai agama resmi negara.

Afganistan berkembang dan kemudian bergabung menjadi negara anggota dari PBB, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Grup 77 (G77), Organisasi Kerja Sama Ekonomi (ECO) dan Gerakan Non-Blok (GNB). Ekonomi Afganistan berada di peringkat 108 di dunia dengan PDB sekitar $64.08 miliar.

2. Berakhirnya Operasi Bagration pada Perang Dunia II

Operasi Bagration adalah serangan umum oleh tentara Soviet untuk mengusir tentara Nazi dari Belarusia yang menyebabkan hancurnya Satuan Tentara Tengah Jerman pada Perang Dunia II. Operasi Bagration yang sudah berlangsung sejak 22 Juni 1944 ini berakhir tepat pada 19 Agustus 1944.

Hasil dari Operasi Bagration yakni kemenangan terhadap Soviet. Sebanyak 178.507 orang dari pihak Uni Soviet tewas. Sementara dari pihak tentara Nazi, dikabarkan ada 400.000 orang yang tewas.

Baca Juga : Tiang Pancang Bekas Proyek Monorel Jakarta Merusak Estetika

3. Hari Jadi Mahkamah Agung

Presiden Soekarno melantik atau mengangkat Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, dua hari setelah diproklamirkannya kemerdekaan Indonesiaz tepatnya pada 19 Agustus 1945. Pelantikan itu ditetapkan juga sebagai Hari Jadi Mahkamah Agung.

Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung, tertuang melalui Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/043/SK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Setelah itu, Mahkamah Agung sempat pindah ke Yogyakarta pada rentang waktu 1946 hingga 1950. Namun, pada 1 Januari 1950, Mahkamah Agung kembali ke Jakarta. Saat itu, Kusumah Atmadja kembali menjadi Ketua MA hingga meninggal dunia.

4. Pesawat Tujuan Arab Terbakar di Bandara, 301 Orang Meninggal

Pesawat Lockheed L-1011, maskapai Saudia Penerbangan 163, mengalami kecelakaan di Bandara Riyadh, Aeab Saudi, pada 19 Agustus 1980. Akibatnya, seluruh penumpang di dalam pesawat tersebut meninggal dunia. Ada 287 penumpang dan 14 awak yang meninggal akibat peristiwa itu.

Lockheed L-1011, merupakan maskapai penerbangan rute Karachi, Pakistan, menuju Riyadh, Arab. Namun, pada saat mendarat, bagian dalam kargo pesawat terbakar. Seluruh penumpang di dalam pesawat terjebak tidak bisa keluar hingga meninggal dunia. Total, ada 301 korban jiwa dalam insiden itu.

5. Bom Mobil Meledak di Markas PBB, Diplomat Asal Brasil Tewas

Sebuah bom mobil meledak di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) daerah Irak pasa 19 Agustus 2003. Wakil Istimewa PBB, Sergio Vieira de Mello dan 21 orang lainnya menjadi korban tewas akibat aksi teror bom tersebut.

Tak hanya itu, 100 orang yang berada di dekat lokasi dikabarkan juga terluka. Pelaku pengeboman sendiri diduga Jamaat at-Tauhid wal Jihad. Mereka melakukan serangan dengan menggunakan truk berisi bom. Abu Musab Zarqawi yang merupakan pemimpin organisasi teroris Al-Qeda, mengaku bertanggung jawab atas peristiwa itu.

1
2

  • #sejarah
  • #Catatan Sejarah
  • #Kompilasi Okezone
  • #Peristiwa 19 Agustus
  • #Mahkamah Agung


Loading…

Next Post

Diguncang 2 Kali Gempa, Warga Bengkulu Berhamburan Keluar Rumah

Rab Agu 19 , 2020
BENGKULU – Gempa yang mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Kamis (19/8/2020), pagi membuat warga berhamburan kelaur rumah. Pasalnya, gempa yang terjadi usai Sholat Subuh itu dirasakan cukup kencang masyarakat. ”Saat usai Sholat Subuh tadi, kami keluar semua,” kata salah satu warga Kelurahan Jembatan Kecil, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Fadillah, Kamis […]