Peristiwa 15 Oktober: Berdirinya Komnas Perempuan

https: img.okezone.com content 2020 10 15 337 2293852 peristiwa-15-oktober-berdirinya-komnas-perempuan-e6yjUGsgZv.jpg

JAKARTA – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik di dalam maupun luar negeri pada 15 Oktober tiap tahunnya. Salah satu di antaranya berdirinya Komnas Perempuan.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting pada 15 Oktober melansir dari Wikipedia, sebagai berikut :

1. Berdirinya Komnas Perempuan

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan adalah lembaga negara independen di Indonesia yang dibentuk sebagai mekanisme nasional untuk menghapuskan kekerasan terhadap perempuan.

Komnas Perempuan didirikan tanggal 15 Oktober 1998 berdasarkan Keputusan Presiden No. 181/1998 yang diperbarui oleh Perpres no 65 dan 66 tahun 2005. Komnas Perempuan merupakan 1 dari 3 lembaga HAM Nasional. 2 Lembaga HAM Nasional lainnya adalah Komnas HAM dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Komnas Perempuan lahir dari tuntutan masyarakat sipil, terutama kaum perempuan kepada pemerintah untuk mewujudkan tanggung jawab negara dalam menangapi dan menangani persoalan kekerasan terhadap perempuan.

Tuntutan tersebut berakar dari tragedi kekerasan seksual yang dialami terutama perempuan etnis Tionghoa dalam kerusuhan Mei 1998 di berbagai kota besar di Indonesia.

2. Jokowi-Ahok dilantik jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI

Pada 15 Oktober 2012, Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Keduanya dilantik setelah memenangi kontestasi Pilkada DKI 2012.

3. Anwar Sadat dilantik Presiden Mesir

Jenderal Besar Mohammed Anwar Al Sadat adalah seorang tentara dan politikus Mesir yang menjabat sebagai Presiden ketiga Mesir pada periode 15 Oktober 1970 hingga terbunuhnya pada 6 Oktober 1981.

Oleh dunia Barat, Ia dianggap sebagai orang yang sangat berpengaruh di Mesir dan di Timur Tengah dalam sejarah modern.

4. Kelahiran Filsuf Jerman Friedrich Nietzsche

Friedrich Wilhelm Nietzsche lahir di Saxony, Prussia, 15 Oktober 1844 dan meninggal di Weimar, 25 Agustus 1900 pada umur 55 tahun.

Ia adalah seorang filsuf Jerman dan seorang ahli ilmu filologi yang meneliti teks-teks kuno, filsuf, kritikus budaya, penyair dan komposer.

Semasa hidupnya, Ia menulis beberapa teks kritis terhadap agama, moralitas, budaya kontemporer, filsafat dan ilmu pengetahuan, menampilkan kesukaan untuk metafora, ironi dan pepatah. Ia merupakan salah seorang tokoh pertama dari eksistensialisme modern yang ateistis.

1
2

  • #Peristiwa 15 Oktober
  • #Peristiwa Hari Ini
  • #Kompilasi
  • #Kompilasi Okezone
  • #Komnas Perempuan

Next Post

Anggota DPR minta Cipayung Plus tak curiga dengan Airlangga Hartarto

Kam Okt 15 , 2020
Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat Sari Yuliati meminta aktivis Cipayung Plus NTB tak menaruh curiga, bahkan berniat melaporkan pernyataan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto kepada Polisi. Ia menilai pernyataan Airlangga yang menuduh demo menolak Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja ditunggangi, sebetulnya memiliki […]