Peringatkan Krisis, Badan PBB Prediksi 2021 Akan Jadi Bencana Besar

https: img.okezone.com content 2020 12 05 18 2322311 peringatkan-krisis-badan-pbb-prediksi-2021-akan-jadi-bencana-besar-LUHObWCiF8.jpg

NEW YORK – Kepala Program Pangan Dunia (WFP) meramalkan masa-masa buruk dalam beberapa bulan mendatang, dan terjadinya krisis kemanusiaan “parah” pada 2021, yang kemungkinan menjadi tahun terburuk sepanjang abad ini.

Peringatan itu disampaikan David Beasley pada pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat (4/12/2020), yang diadakan untuk membahas pandemi virus corona dan upaya di seluruh dunia untuk menghadapi dampaknya.

BACA JUGA: Sekjen PBB Kecam Negara Penolak Fakta Covid-19 dan Pedoman WHO

Beasley memperingatkan bahwa sekitar 270 juta orang sekarang “berbaris menuju kelaparan” dan bahwa, di beberapa negara, kelaparan “sudah dekat.”

“Tahun 2021 benar-benar akan menjadi bencana besar, berdasarkan apa yang kami lihat pada tahap ini,” kata Beasley sebagaimana dilansir RT.

Dia menambahkan bahwa dunia telah menghabiskan USD19 triliun di tahun ini untuk menghadapi Covid-19, yang tidak akan tersedia lagi pada 2021, meski ekonomi sudah mulai bergerak.

BACA JUGA: WFP Distribusikan Makanan kepada Ribuan Warga di Zona Perang Yaman

“Kita sekarang benar-benar melihat 2021 sebagai tahun krisis kemanusiaan terburuk sejak awal Persatuan Bangsa-Bangsa, dan kita harus meningkatkan (upaya),” ujarnya.

Beasley mengatakan sementara kebijakan penguncian yang diberlakukan negara mendorong tren yang mengganggu untuk pemulihan pasca pandemi, konflik buatan manusia, seperti perang di Suriah, Yaman, dan Sudan Selatan juga berpengaruh pada krisis yang mungkin terjadi di 2021.

“Kita harus mengakhiri beberapa perang ini. Kita harus mengakhiri perang ini, sehingga kita dapat mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang sangat kita inginkan,” katanya.

Pada Agustus, pimpinan WFP mengatakan jumlah orang yang menghadapi malnutrisi bisa melonjak hingga 80 persen pada akhir tahun. Dia memperingatkan “kelaparan dalam proporsi bencana besar”.

Sementara itu, UNICEF pada Mei memprediksikan bahwa, di 118 negara berpenghasilan rendah dan menengah, 1,2 juta anak di bawah usia lima tahun bisa meninggal dalam enam bulan ke depan. UNICEF menekankan pada penurunan akses ke perawatan medis “karena penguncian, jam malam dan gangguan transportasi.”

1
2

  • #Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
  • #WFP

Next Post

Astronot Berhasil Tanam Lobak Pertama Kali di Luar Angkasa

Ming Des 6 , 2020
AMERIKA SERIKAT – Astronot berhasil menanam lobak untuk pertama kalinya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai percobaan yang akan membantu kru menanam makanan di bulan dan Mars. Astronot Kate Rubins terlihat mengambil 20 sayuran dan dengan cermat membungkus masing-masing sayuran dengan kertas timah, menempatkannya di cold storage untuk perjalanan […]