Jakarta () – Pihak penyelenggara International Youth Championship (IYC) 2021 I Gede Widiade mengatakan bahwa Persija diundang ke kejuaraan sepak bola junior internasional tersebut, tetapi “Macan Kemayoran” memutuskan untuk tidak mengirimkan tim.

“Dua kali kami meminta mereka untuk berpartisipasi dengan surat resmi. Namun, ternyata, pemain-pemain Persija yang bagus sedang berada di Korea Selatan (bersama tim nasional U-19-red),” ujar Gede di Jakarta, Selasa.

Meski begitu, pria yang pernah menjabat Direktur Utama Persija itu melanjutkan, Persija mengirimkan dua pemain mudanya untuk memperkuat skuad U-20 Indonesia All Star, salah satu tim yang berlaga di IYC 2021.

Mereka adalah bek Muhammad Salman Alfarid dan Ihsan Kusuma Siregar.

“Dua nama itu termasuk yang terbaik di Elite Pro Academy (EPA). Pelatih U-20 Indonesia All Star Ilham Romadhona juga melihat mereka memiliki potensi untuk semakin berkembang di masa depan,” tutur Gede.

International Youth Championship (IYC) 2021 berlangsung pada 13-19 April 2022 di Stadion Internasional Jakarta (JIS), Jakarta.

Turnamen ini diikuti oleh empat tim yaitu skuad U-18 Barcelona, U-18 Atletico Madrid, U-18 Bali United dan U-20 Indonesia All Star.

Pemilihan skuad yang berlaga di IYC 2021 tak lepas dari berbagai pertimbangan. Barcelona dan Atletico Madrid jelas merupakan dua klub ternama di Spanyol, bahkan Eropa.

Sementara Bali United merupakan tim juara Liga 1 Indonesia 2019 dan 2021-2022. Adapun Indonesia All Star adalah tim yang terdiri atas para pemain muda eks personel tim nasional U-16 serta U-19 seperti Muhammad Salman Alfarid, Komang Teguh Trisananda, Brylian Aldama dan Andre Oktaviansyah. Beberapa dari mereka pun sempat aktif di program pengembangan pesepak bola muda PSSI, Garuda Select.

IYC 2021 menjadi bagian dari agenda peluncuran awal (soft launching) JIS yang selesai dibangun pada Februari 2022 setelah melalui pembangunan selama sekitar tiga tahun.

Baca juga: IYC kampanye Indonesia kendalikan COVID-19 siap gelar Piala Dunia U-20
Baca juga: 13 April, Barcelona dan Atletico Madrid hadapi Bali United U-18 di JIS

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2022