Jakarta () – Pengusaha asal Amerika Serikat Chris Kirchner selangkah lagi akan menjadi pemilik tim kasta kedua Liga Inggris, Derby County, setelah namanya diumumkan sebagai penawar pilihan administrator pada Rabu.

Pengusaha berusia 34 tahun itu pada Oktober lalu sempat mengemukakan rencananya untuk mengeluarkan Derby dari kebangkrutan.

Ia saat ini masih meminta persetujuan dari operator liga-liga Inggris kasta kedua hingga keempat, English Football League (EFL), untuk menjadi pemilik resmi Derby.

"Selepas proses pemasaran yang teliti dan terdokumentasi, administrator bersama telah menerima penawaran dari Chris Kirchner untuk mengambil alih klub sepak bola Derby County dari kebangkrutan," kata administrator dalam pernyataan yang dilaporkan media-media Inggris seperti dilansir Reuters, Rabu.

Derby saat ini dinakhodai oleh mantan penyerang Manchester United dan tim nasional Inggris Wayne Rooney sebagai pelatih kepala.

Rooney sempat mengantarkan Derby meraup empat kemenangan dalam rentetan lima laga nirkalah pada Desember-Januari, tapi mereka masih berkutat di zona merah klasemen liga Championship.

Derby menempati urutan ke-23 klasemen dengan raihan 28 poin setelah 40 pertandingan dan dikenai sanksi pengurangan 12 poin karena status kebangkrutan.

Derby masih berkesempatan untuk menghindari ancaman degradasi apabila menyapu bersih kemenangan di enam pertandingan sisa mengingat mereka hanya berjarak sembilan poin dari titik aman.

Baca juga: Wayne Rooney: Belum ada pendekatan dari Everton
Baca juga: Mantan pemilik Newcastle berencana beli Derby County

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2022