Pemerintah Berusaha Keras Bantu dan Dukung Dokter Hadapi Pandemi

https: img.okezone.com content 2020 09 03 337 2271781 pemerintah-berusaha-keras-bantu-dan-dukung-dokter-hadapi-pandemi-k83lHkLfGH.jpg

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, memastikan pemerintah memenuhi ketersediaan alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan lain bagi dokter dan tenaga kesehatan (nakes) dalam berjuang melawan Covid-19.

“Pemerintah telah berusaha keras untuk membantu memberikan dukungan kepada para dokter, agar bagaimana para dokter tersebut bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Terutama agar bisa selamat dirinya dari ancaman ini,” kata Muhadjir dalam doa bersama dan hening cipta untuk keselamatan dokter Indonesia secara virtual dari kanal Youtube BNPB, Rabu (2/9/2020).

Muhadjir mengatakan, pemerintah menyadari dokter dan tenaga medis menjadi kelompok rentan terpapar Covid-19.

“Pemerintah sadar di antara kelompok rentan yang menjadi ancaman paling fatal dari Covid-19 ini terutama adalah dokter dan tenaga medis.”

Oleh sebab itu, tegas Muhadjir, pemerintah telah berupaya memenuhi berbagai hal agar para dokter terlindungi dengan baik, terselamatkan dengan baik, di satu pihak juga bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Antara lain dengan memenuhi ketersediaan alat pelindung diri dan kebutuhan-kebutuhan yang lain.

“Akan tetapi tentu saja semuanya akan berpulang kepada para dokter itu sendiri. Saya yakin para dokter pasti sudah sangat paham bagaimana supaya bisa bekerja dengan baik tetapi sekaligus juga bisa selamat, aman terhindar dari ancaman Covid-19 yang selalu mengikutinya,” kata Muhadjir.

Pada kesempatan itu, Muhadjir berpesan kepada para dokter untuk betul-betul mematuhi semua standar operasional prosedur yang harus dilalui. “Terutama yang penting adalah selamatkan dulu diri sendiri, sebelum menyelamatkan orang lain,” tuturnya.

“Saya tahu sumpah dokter memang menghendaki, menuntut adanya pemberian penghormatan di dalam memberikan pelayanan. Tetapi tentu saja kita harus juga menyadari pelayanan ataupun pengorbanan apapun tidak akan ada artinya itu juga harus mengorbankan keselamatan dari para profesional itu sendiri,” tambah Muhadjir.

Baca Juga : Pesan Muhadjir untuk Dokter dan Nakes: Selamatkan Dulu Diri Sendiri Sebelum Orang Lain

“Karena itu pada kesempatan ini saya sekali lagi memohon dengan sangat supaya para dokter bisa saling mengawasi saling mengingatkan sesama koleganya agar kasus meninggalnya, wafatnya para tenaga dokter Indonesia yang di dunia tergolong sangat tinggi ini betul-betul semakin dihindari. Mudah-mudahan semakin bisa bekerja dengan sangat baik terutama bisa menjaga keselamatan diri para profesional, khususnya para dokter di medan pertempuran melawan Covid-19 ini,” tegas Muhadjir.

Baca Juga : Muhadjir Sampaikan Duka Mendalam atas Gugurnya Dokter dan Tenaga Medis saat Pandemi

1
2

  • #Menko PMK Muhadjir Effendy
  • # Menko PMK Muhadjir
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Hujan Diprakirakan Guyur Sejumlah Wilayah Jakarta Hari Ini

Kam Sep 3 , 2020
JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah wilayah DKI Jakarta bakal diguyur hujan pada hari ini, Kamis (3/9/2020). Melansir laman resmi BMKG, pada pagi hari ini seluruh wilayah Ibu Kota diprakirakan cerah berawan. Namun siang harinya, hujan diperkirakan mengguyur wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta […]