Pemeriksaan Habib Rizieq Maju dari Rencana Awal Senin 14 Desember

https: img.okezone.com content 2020 12 12 337 2326207 rencananya-habib-rizieq-datang-ke-polda-metro-pada-14-desember-xv0A6zR0oW.jpg

JAKARTA Polda Metro Jaya telah menetapkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka penghasutan dan kerumunan dalam acara Maulid Nabi Muhammad, dan pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Baca juga: 20 Kuasa Hukum Bakal Dampingi Habib Rizieq saat Pemeriksaan di Polda Metro 

Terkait penetapan tersangka itu, Habib Rizieq mengaku terkejut. Padahal sebelumnya statusnya adalah masih sebagai saksi dan belum menjalani pemeriksaan.

“Kami pada hari Kamis 10 Desember 2020 secara tiba-tiba Polda Metro Jaya mengumumkan saya sebagai tersangka. Tentunya saya, para pengacara terkejut dan karena dua panggilan sebelum itu saya masih berstatus sebagai saksi dan itupun belum diperiksa. (Karena) rencana pemeriksan tanggal 14 Desember Senin mendatang,” ungkapnya dalam sebuah video dikanal YouTube Front TV sebagaimana dilihat, Sabtu (12/12/2020) dini hari.

Baca juga:  Habib Rizieq Jadi Tersangka, DPR: Beri Ruang untuk Penegak Hukum yang Bekerja 

Setelah mendapatkan pengumuman yang mengejutkan dirinya, pada hari Jumat 11 Desember 2020 dirinya langsung kembali mengirimkan kuasa hukum untuk bertemu dengan para penyidik dari Polda Metro Jaya.

“Ditanyakan para pengacara komitmen tanggal 14 Desember hari Senin, apa itu batal atau gimana? Dan saya pribadi berpegang pada komitmen karena kita ini ustad, Dai, bergerak di bidang agama, tidak layak kalau kami membatalkan perjanjian atau suatu komitmen,” paparnya.

Dari pertemuan itu, pentolan FPI tersebut memaparkan bahwa penyidik dari Polda Metro ingin pemeriksaan dipercepat. Disitulah kuasa hukum Habib Rizieq meminta surat panggilan tersangka, namun tak diberikan.

“Penyidik agak keberatan mengeluarkan surat tersebut dan terjadi kesepakatan. Dan bagaimana supaya Habib lebih cepat ke Polda Metro Jaya. Jadi artinya mereka enggak mau melanggar komitmen juga, karena memang tanggal 14 Desember siap diperiksa,” ucap Habib Rizieq.

“Kita katakan melalui pengacara kami bukan orang yang suka ingkar janji, dan mengingkari komitmen yang ada. Tapi karena memang Polda Metro meminta lebih cepat lebih baik saya terima,” tambahnya.

Karena itulah, ia akan mendatangi Polda Metro Jaya pada hari ini, Sabtu (12/12/2020) pagi. Kedatangannya untuk menjalani pemeriksaan terkait kerumunan.

“Saya umumkan untuk seluruh anak bangsa insyallah besok hari Sabtu tanggal 12 Desember 2020 (hari ini) di pagi hari saya bersama pengacara akan datang ke Polda Metro Jaya Insyaallah,” beber dia.

1
2

  • #Polisi Panggil Habib Rizieq
  • #Polda Metro Jaya
  • #Habib Rizieq Tersangka
  • #Habib Rizieq ke Polda Metro
  • #habib rizieq

Next Post

14 Saksi Sudah Diperiksa Usut Penembakan 6 Laskar FPI, Ini Harapan PA 212

Sab Des 12 , 2020
JAKARTA – Untuk mengusut penembakan terhadap enam Laskar Front Pembela Islam (FPI) akibat melawan Polisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap 14 saksi. Merespon hal tersebut, Wakil Sekertaris Jendral Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin mengharapkan agar ke-14 saksi tersebut tak mendapatkan tekanan. “Dalam hal ini […]