Banda Aceh () – Pemain Persiraja Mukhlis Nakata menyatakan siap bertanding dan mengikuti kompetisi Liga 1 musim 2021 yang dipusatkan di Jawa.

"Kalau main di Pulau Jawa tidak masalah. Seperti pertandingan turnamen pramusim Piala Menpora lalu dilaksanakan di Pulau Jawa," kata Mukhlis Nakata di Banda Aceh, Jumat.

Mukhlis mengaku tidak butuh lama beradaptasi saat pertandingan di Pulau Jawa, termasuk pemain-pemain lainnya yang pernah membela klub Liga 1 dan Liga 2.

"Mungkin, pemain baru yang membutuhkan waktu adaptasi. Sebagian besar pemain Persiraja, pemain baru, namun ada juga pemain lama dan pernah bergabung dengan klub Liga 1," kata Mukhlis yang musim lalu menjadi kapten tim.

Sementara, Shori Murata, pemain asing Persiraja asal Jepang juga siap bermain untuk klub asal Kota Banda Aceh itu dalam kompetisi Liga 1 musim 2021.

"Target saya bermain maksimal dalam setiap pertandingan Persiraja. Saya juga berharap mampu memberikan prestasi terbaik untuk Persiraja," kata Shori.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan berlangsung dalam format liga penuh tetapi dengan sistem seri. Ada enam seri yang sudah disepakati dalam Kongres Biasa PSSI 2021 pada 29 Mei dan dilaksanakan di tiga klaster daerah di Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, dan klaster ketiga di Jawa Timur.

Nantinya, seri satu akan berlangsung di klaster pertama, seri dua di klaster kedua, seri ketiga di klaster ketiga. Lalu berlanjut ke seri keempat yang tetap di klaster ketiga, lalu seri kelima di klaster kedua dan seri keenam atau terakhir kembali lagi ke klaster pertama.

Adapun Liga 2 diproyeksikan berlangsung dalam format turnamen sampai Desember 2021 di mana tim-tim peserta dibagi ke dalam empat grup.

LIB menyatakan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-202  yang tetap terapkan sistem promosi-degradasi, akan bergulir tanpa penonton. Akan tetapi, Polri menyatakan kebijakan tersebut bisa berubah sesuai kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Tujuh pemain muda gagal gabung Persiraja

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2021