Jakarta () – Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo melayangkan tantangan terbuka kepada timnas Indonesia menjelang pertemuan kedua kesebelasan pada Rabu (15/12) dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Singapura.

Dikutip dari laman AFF di Jakarta, Selasa, tantangan Park keluar untuk menanggapi kabar dari media Indonesia yang menyebut bahwa sisi pertahanan sayap Vietnam lemah.

"Kalau mereka (tim Indonesia) merasa bek sayap kami tidak terlalu tangguh, silakan mereka serang kami dari sisi itu. Saya berterima kasih juga untuk informasi tersebut," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu.

Meski demikian, Park mengakui kualitas pertahanan timnya perlu diperbaiki meski Vietnam belum kebobolan dalam dua laga Piala AFF 2020 yang sudah mereka lewati.

Vietnam menang 2-0 atas Laos dan 3-0 atas Malaysia. Mereka pun menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di turnamen.

"Bek-bek kami masih bermasalah dan beberapa kali melakukan kesalahan pada dua laga perdana kami di grup. Jika tidak fokus di setiap situasi, kami dalam kondisi berbahaya. Banyak yang harus kami lakukan untuk memperbaiki pertahanan," tutur Park.

Terkait timnas Indonesia, Park Hang-seo menilai skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut mempunyai kelemahan meski memenangkan dua pertandingan awal Grup B Piala AFF 2020.

Pria yang membawa Vietnam juara SEA Games 2019 itu berharap Indonesia menampilkan taktik menyerang.

"Indonesia memang menang dua kali tetapi mereka kebobolan tiga gol. Jadi kami melihat ada sektor yang bisa kami eksploitasi. Kami berharap Indonesia bermain menyerang karena itu kesempatan bagus untuk mengalahkan mereka," kata Park.

Baca juga: KBRI: Elkan Baggott karantina lima hari tersangkut kasus COVID-19

Timnas Indonesia akan menjajal kekuatan Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, pukul 19.30 WIB atau 20.30 waktu setempat.

Vietnam nyaris selalu menjadi momok bagi timnas Indonesia sejak lebih dari dua dekade. Bahkan, mulai tahun 2012, Indonesia hanya menorehkan sekali kemenangan atas Viernam.

Dalam dua tahun terakhir, di level senior, Indonesia selalu kalah dari Vietnam tepatnya ketika bertanding di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dua kali bersua, Indonesia takluk 1-3 dan 0-4.

Di Grup B Piala AFF 2020, Indonesia berada di peringkat pertama klasemen sementara dengan koleksi enam poin dari dua laga. Vietnam memiliki poin sama, tetapi duduk di posisi kedua ln kalah selisih gol.

Malaysia bertengger di tempat ketiga dengan enam poin dari tiga pertandingan, lalu berturut-turut ada Kamboja dan Laos di posisi keempat serta kelima dengan nirpoin.

Baca juga: Shin Tae-yong berharap Egy Maulana tampil saat melawan Malaysia
Baca juga: Indonesia puncaki klasemen Grup B Piala AFF setelah hancurkan Laos 5-1

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2021