Saya belum pernah berhadapan dengan tim sekelas Australia, sempat bersua Thailand dan Filipina saat mengikuti beberapa turnamen. Namun, saya dan teman-teman akan berusaha tampil solid dan menjaga optimisme

Jakarta () – Pelatih tim nasional putri Indonesia Rudy Eka Priyambada menegaskan bahwa skuadnya akan berjuang sekuat tenaga di Grup B Piala Asia 2022 yang dihuni lawan-lawan tangguh yaitu Australia, Thailand dan Filipina.

"Kami harus fokus dan bekerja keras demi menampilkan yang terbaik di Piala Asia nanti," ujar Rudy, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta, Kamis.

Australia, Thailand dan Filipina merupakan tiga tim yang berpengalaman di Piala Asia Putri.

Termasuk edisi 2022, Australia sudah delapan kali tampil di kompetisi tersebut, sementara Thailand 17 kali dan Filipina 10 kali. Adapun Indonesia baru lima kali.

Dari sisi prestasi, Australia merupakan juara turnamen itu pada tahun 2010, Thailand kampiun tahun 1983 dan Filipina adalah tim peringkat keenam tahun 2018. Sementara Indonesia, yang terakhir kali tampil di Piala Asia Putri tahun 1989, menjadi semifinalis pada tahun 1977 serta 1986.

Sementara kapten timnas putri Ade Mustikiana mengakui bahwa Grup B merupakan grup berat.

Meski demikian, Ade memastikan bahwa dia dan rekan-rekannya akan berupaya untuk menunjukkan performa maksimal pada turnamen tersebut.

Baca juga: Timnas putri Indonesia sukses raih kemenangan 1-0 atas Singapura

"Saya belum pernah berhadapan dengan tim sekelas Australia, sempat bersua Thailand dan Filipina saat mengikuti beberapa turnamen. Namun, saya dan teman-teman akan berusaha tampil solid dan menjaga optimisme," tutur Ade.

Piala Asia Putri AFC 2022 yang digelar di India pada 20 Januari-6 Februari diikuti oleh 12 negara yang dibagi ke dalam tiga grup.

Berdasarkan pengundian pada Kamis, Grup A diisi tuan rumah India, China, Taiwan dan Iran.

Lalu di Grup B ada Australia, Thailand, Filipina dan Indonesia. Sementara Jepang, Korea Selatan, Vietnam dan Myanmar berada di Grup C.

Para juara dan peringkat kedua grup akan lolos ke perempat final bersama dua peringkat ketiga terbaik. Setelah itu, kompetisi berlanjut ke semifinal dan final.

Baca juga: AFC batalkan Piala Asia Putri U-17 2022 yang digelar di Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021