Satu slot untuk Shalika dan kami akan bertemu dengan dia di India

Jakarta () – Pelatih tim nasional putri Indonesia Rudy Eka Priyambada baru memastikan satu nama yang masuk ke dalam skuad Piala Asia 2022 di India yaitu bek Shalika Aurelia Viandrisa.

"Satu slot untuk Shalika dan kami akan bertemu dengan dia di India," ujar Rudy di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Shalika sendiri kini berada di Italia karena harus memperkuat Roma Calcio Femminile di Liga Serie B Putri. Dia merupakan pemain perempuan Indonesia pertama yang dikontrak salah satu klub Eropa.

Rudy menyebut bahwa Shalika akan berangkat dari Italia ke India pada tanggal 17 Januari 2022.

"Jadi tanggal 16 Januari ini dia masih ada pertandingan di Serie B," tutur dia.

Rudy Eka pun tak ragu dengan kemampuan Shalika meski pesepak bola berusia 18 tahun itu meski sudah beberapa minggu tidak mengikuti latihan bersama rekan-rekannya di Jakarta.

"Lagi pula, kami selalu memantau latihannya di sana (Italia-red) setiap hari," kata Rudy.

Selain Shalika, juru taktik berusia 39 tahun itu belum memutuskan siapa saja yang akan berlaga di Piala Asia Putri 2022.

Saat ini, timnas putri masih diperkuat 28 pemain, termasuk Shalika, dan akan dikerucutkan menjadi 23 nama. Artinya tersisa 22 posisi untuk diperebutkan pemain yang ada.

Baca juga: PSSI panggil 40 pemain timnas putri TC persiapan Piala Asia

"Tanggal 14 Januari ini akan ada pengumuman terakhir soal pemain (yang dibawa ke Piala Asia 2022-red). Kami akan berangkat ke India dari Jakarta pada tanggal 16 Januari 2022," ujar Rudy.

Piala Asia Putri 2022 digelar pada 20 Januari-6 Februari 2022. Di turnamen itu, skuad "Garuda Pertiwi" berada di Grup B bersama Australia, Filipina dan Thailand.

Indonesia akan melawan Australia pada pertandingan pertamanya pada 21 Januari 2022.

Baca juga: Pelatih akui timnas putri tunjukkan perkembangan jelang Piala Asia
Baca juga: PSSI sambut baik kenaikan peringkat FIFA timnas putri

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2022