Pelanggaran PSBB DKI, Jumlah Warga Tak Gunakan Masker Meningkat

https: img.okezone.com content 2020 08 13 338 2261923 pelanggaran-psbb-dki-jumlah-warga-tak-gunakan-masker-meningkat-dEs5OvzEyS.jpg

JAKARTA – Data pelanggaran dalam pemakaian masker di Jakarta pada masa PSBB transisi meningkat signifikan dalam sepekan terakhir. Sanksi denda progresif bagi yang mengulangi pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 akan diterapkan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, melalui perpanjangan PSBB transisi fase I hingga 27 Agustus, diharapkan masyarakat semakin waspada atas potensi penularan Covid-19 di DKI Jakarta. Apalagi, data pelanggaran dalam pemakaian masker meningkat signifikan dalam sepekan terakhir.

“Akumulasi denda akibat pelanggaran pemakaian masker maupun pelanggaran tempat/fasilitas umum dan kegiatan sosial/budaya hingga 10 Agustus telah mencapai Rp2,87 miliar,” kata Anies dalam siaran tertulisnya, Kamis (13/8/2020).

Anies menjelaskan, petugas Satpol PP mendata terkait pelanggaran masker setiap pekannya. Selama periode 1-6 Juli ditemukan 2.556 pelanggar. Lalu, berikutnya terjadi peningkatan terus-menerus, yaitu 4.901 pelanggaran selama 7-11 Juli, 5.968 pelanggaran selama 12-19 Juli, dan mencapai puncaknya pada periode 20-29 Juli yaitu 26.337 pelanggar.

Pada 30 Juli-3 Agustus angkanya sempat menurun secara signifikan menjadi 7.102 pelanggar. Tapi, pada 4-10 Agustus angkanya kembali meningkat menjadi 17.172 pelanggar.

Mantan Menteri Pendidikan itu menegaskan, jumlah pelanggar dan denda tersebut bukan semata-mata soal pemerintah memberikan sanksi untuk mendapatkan denda. Namun, itu semua tentang kedisiplinan, keselamatan, dan perlindungan bersama.

Baca Juga : Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi hingga 27 Agustus 2020

“Kami akan berlakukan sanksi denda progresif yang lebih berat bagi pelanggaran berulang kepada individu maupun kantor/tempat usaha, termasuk penutupan bagi tempat yang masih melanggar pada masa PSBB transisi kali ini,” tuturnya.

Baca Juga : Sepekan Terakhir, Positivity Rate Covid-19 di DKI Meningkat Jadi 8,7%

(erh)

  • #Denda Tak Pakai Masker
  • #masker
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • #PSBB DKI Jakarta
  • #PSBB di Jakarta
  • # PSBB Transisi
  • #PSBB Transisi Diperpanjang


Loading…

Next Post

Sebelum Meninggal, Kadis Pariwisata Sempat Diisolasi Karena Sesak Nafas

Kam Agu 13 , 2020
JAKARTA – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia sempat di isolasi karena mengalami sesak nafas saat dirawat di rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020). Sekdis Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gumilar Ekalaya mengatakan, almarhum Cucu dirawat sejak Sabtu 8 Agustus dengan keluhan […]