Pandemi Covid-19, Presiden Jokowi Minta Menteri Bekerja Lebih Baik Lagi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya agar dapat bekerja lebih baik lagi dalam mencari program yang lebih tepat sasaran di tengah pandemi Covid-19.

“Saya ingin menteri-menteri lebih baik lagi bekerja mencari program yang lebih tepat sasaran. Semua harus terus kita perbaiki,” kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (3/10/2020).

Kepala negara itu mengaku belum cukup puas terhadap upaya dan sejumlah program yang telah digulirkan selama pandemi ini. Ia meminta semua menterinya dapat bekerja keras lagi.

“Masih banyak kerja keras yang perlu dikerjakan. Kita harus terus melakukan penyesuaian kebijakan, mencari yang lebih baik,” tuturnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak ragu dalam memberikan usulan-usulan terhadap perbaikan kebijakan ke depan. Tak hanya itu, Jokowi telah memerintahkan Menteri Dalam Negeri untuk membuka keran masukan terhadap kebijakan penanganan Covid-19.

Lebih lanjut Jokowi menekankan penanganan Covid-19 yang adaptif mengikuti perkembangan virus tersebut, dengan disertai penyesuaian terhadap karakteristik masyarakat.

“Misalnya, pembatasan sosial. Saya kira harus kita sesuaikan. Untuk itu, saya menekankan pentingnya Pembatasan Sosial Berskala Mikro. Kita buat lebih terarah, spesifik, tajam, dan fokus mengatasi masalah Covid, tapi tidak membunuh ekonomi dan kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, solusi terbaik untuk menangani pandemi harus terus dikembangkan dan dicari. Disebabkan apa yang dianggap sebagai solusi terbaik yang sudah diterapkan di suatu negara belum tentu dapat diterapkan persis di negara-negara lain.

“Jadi kita pun harus terus menyesuaikan diri mencari cara terbaik yang paling cocok dengan situasi kita,” ucapnya.

Selain itu, ia menyampaikan apresiasinya kepada para dokter, tenaga medis, TNI, Polri, hingga ASN yang hingga kini masih terus berjuang bersama dalam membantu penanganan pandemi Covid-19. Sekaligus mengingatkan masyarakat akan pentingnya berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Tidak kalah pentingnya adalah peran serta masyarakat untuk berubah. Menyesuaikan diri untuk menaati protokol kesehatan. Lakukan dengan disiplin 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” tuturnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi : Kesehatan Masyarakat Prioritas, tapi Bukan Berarti Korbankan Ekonomi

“Saya percaya, jika kita saling melindungi, saling membantu, dan saling megingatkan satu sama lain, kita akan mampu melalui masa sulit ini,” tuturnya.

Baca Juga : Wakil Pemerintah dan MUI Akan Bertolak ke China Cek Keamanan & Kehalalan Vaksin Covid-19

1
2

  • #Presiden jokowi
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Wakil Ketua DPR nilai RUU Ciptaker permudah pelaku UMKM

Ming Okt 4 , 2020
Pelaku usaha akan mendapatkan pendampingan hukum jika terjadi sebuah perkara Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Politik dan Keamanan Azis Syamsuddin menilai substansi dalam Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) akan mempermudah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengurus pendaftaran badan hukum usahanya di Kementerian Hukum dan […]