Pandemi Covid-19, Gubernur Anies: Pemerintah Pusat Menyediakan Bantuan PKH, BPNT, dan BST

https: img.okezone.com content 2021 01 05 338 2338897 pandemi-covid-19-gubernur-anies-pemerintah-pusat-menyediakan-bantuan-pkh-bpnt-dan-bst-aqNrlbuB4u.jpg

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Pemprov DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat hadir dalam meringankan warga yang berdampak akibat Pandemi Covid-19.

“Pemprov DKI Jakarta hadir bersama dengan Pemerintah Pusat dalam meringankan dampak pandemi COVID-19,” tulis Anies di akun twitternya @aniesbaswedan, Selasa (5/1/2021).

Baca juga:  Tenaga Kesehatan di Jateng Bakal Divaksin Virus Corona 2 Kali 

Menurutnya, Pemerintah Pusat akan menyediakan sejumlah bantuan bagi warga yang berdampak langsung akibat wabah yang sudah melanda Indonesia hampir satu tahun ini.

“Pemerintah Pusat menyediakan bantuan: Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako / Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST),” pungkasnya.

 Baca juga: Pekan Depan, Pemprov DKI Pastikan Vaksinasi Covid-19 Warganya 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kembali bahwa pemerintah akan melanjutkan program bantuan sosial (bansos) di tahun 2021. Di mana, total anggarannya lebih dari Rp110 triliun.

“Tahun 2021 ini penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan. Dan di dalam APBN 2021 telah kita siapkan anggaran, ini anggarannya, sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” katanya saat peluncuran bantuan tunai se-Indonesia di Istana Negara, Senin (4/1/2021).

Seperti diketahui, pada tahun 2020 lalu, salah satu program andalan pemerintah mengatasi dampak pandemi Covid-19 adalah dengan meluncurkan berbagai macam program bantuan sosial (bansos). Jokowi menyebut program bansos ini juga masih dalam rangka mengatasi dampak pandemi Covid-19 di tahun 2021.

“Dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi Covid-19. Artinya, bantuan ini kita mulai hari ini disalurkan kepada 34 provinsi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Jokowi meluncurkan tiga jenis bantuan tunai. Di antaranya program keluarga harapan (PKH), program sembako, dan bantuan sosial tunai (BST).

“Bantuan tunai ini di tahun 2021 akan diberikan kepada masyarakat dalam beberapa tahapan. Jadi, yang PKH ini dalam empat tahap melalui Himbara, bank-bank milik negara. Kemudian, yang program sembako akan disalurkan dari Januari nanti sampai bulan Desember 2021. Nilainya tadi sudah disampaikan oleh Bu Menteri sosial 200 ribu per KK per bulan,” jelasnya.

“Kemudian, bantuan sosial tunai diberikan selama empat bulan, Januari, Februari, Maret, April. Dan nilainya Rp300 ribu per bulan per KK. Ini sudah jelas semuanya,” lanjutnya.

Lihat juga:
Kumpulan Berita Trending dan Viral di Sini
1
2

  • #Bantuan Corona
  • #Pandemi Covid-19
  • #Pemerintah Pusat
  • #Presiden jokowi
  • #Gubernur Jakarta Anies Rasyid Baswedan

Next Post

Syekh Ali Jaber Dirawat di RS, Keluarga: Jangan Sebar Fotonya, Doakan Saja

Sel Jan 5 , 2021
JAKARTA – Syekh Muhammad Jaber, adik dari Syekh Ali Jaber meminta semua pihak untuk tidak menyebarluaskan foto kakaknya yang tengah dirawat di rumah sakit. Permintaan itu dilontarkan menyusul viralnya foto Syekh Ali Jaber yang disebut dalam keadaan kritis setelah terpapar Covid-19. “Mohon jangan tidak boleh sama sekali. Kami atas nama […]