Pakar Kesehatan Sebut PSBB Transisi Tak Efektif di Jakarta, Ini Alasannya

https: img.okezone.com content 2020 10 12 338 2292027 pakar-kesehatan-sebut-psbb-transisi-tak-efektif-di-jakarta-ini-alasannya-aSJLEDAmQL.jpg

JAKARTA – Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menilai, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi tak efektif diterapkan di DKI Jakarta.

“PSBB transisi sebenarnya tidak efektif di DKI. PSBB yang optimal (ketat) saja sebenarnya kurang efektif,” kata Hermawan kepada Okezone, Senin (12/10/2020).

Dia beralasan, PSBB transisi tidak efektif karena tidak adanya sinkronisasi antara DKI dengan daerah penyangga, seperti di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

“Maka semacam mobilitas orang dan lainnya juga (mengakibatkan) tidak terlalu mampu mengendalikamn Covid-19. Memang ada perlambatan kasus, tapi peelambatan itu ada angka tinggi lagi,” ucap Hermawan. 

Ilustrasi. (Foto: Shuttterstock)

Dia menambahkan, DKI akan sulit mengendalikan Covid-19 karena menerapkan PSBB transisi dan tidak adanya kolaborasi bersama pemerintah daerah penyangga Ibu Kota.

“PSBB transisi tidak efektif. PSBB lah yang efektif. Hanya saja PSBB pun punya catatan, kalau tidak sinkron seperti masalah sosial politik yang dinamis sekarang ini malah jadi tantangan baru. Apalagi Desember ada Pilkada dan kasus (diprediksi) akan naik,” tuturnya.

Baca juga: PSBB Transisi Jakarta : Taman Dibuka Kembali, Tempat Ibadah Harus Data Pengunjung

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi terkait penanganan Covid-19 atau virus corona, mulai besok hari Senin 12 Oktober 2020. 

Atas penerapan itu, sejumlah tempat umum kembali dibuka dengan protokol kesehatan Covid-19. Salah satu yang kembali dibuka adalah bioskop, dengan batasan penonton paling banyak 25%.

(qlh)

  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • #Pakar Kesehatan
  • #Covid-19
  • # PSBB Transisi
  • #PSBB Transisi Jakarta

Next Post

Tabrakan Kereta dan Bus di Thailand, 20 Orang Tewas 30 Luka-Luka

Sen Okt 12 , 2020
BANGKOK – Tabkaran kereta api barang dengan bus di Thailand, Minggu 11 Oktober 2020, menewaskan 20 orang. Bus nahas mengangkut puluhan karyawan pabrik yang hendak mengikuti ritual di kuil Budha di Chachoengsao.  Saat kejadian, bus dihantam kereta di perlintasan dekat Stasiun Khlong Kwaeng Klan, Provinsi Chachoengsao, sekitar 50 kilometer dari Bangkok. Gubernur […]