Pakar Kesehatan: Kebijakan Pembukaan Bioskop amp; KKP Tidak Tepat!

https: img.okezone.com content 2020 08 30 338 2269643 pakar-kesehatan-kebijakan-pembukaan-bioskop-kkp-tidak-tepat-kpYJFR0kHL.jpg

JAKARTA – Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menyesalkan kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang membuka bioskop dan kawasan khusus pesepeda (KKP) di tengah melonjaknya kasus Covid-19.

Menurut dia, pelonggaran di dua sektor tersebut akan berdampak semakin tingginya kasus Covid-19 di Ibu Kota. Apalagi, positivity rate di DKI Jakarta cukup tinggi di angka 10%.

“Ya itu (kebijakan pembukaan bioskop dan KKP) juga tidak tepat dan hanya membuat lonjakan kasus signifikan bila dibuka,” kata Hermawan kepada Okezone, Minggu (29/8/2020).

Baca Juga:10 Kawasan Khusus Pesepeda di Jakarta Kembali Dibuka Pagi Ini

Hermawan menerangkan, Pemprov DKI seharusnya mengambil keputusan emergency break atau kebijakan darurat dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Ya kalau tujuannya memutus kasus dan mengendalikan virus harus PSBB secara serentak,” tuturnya.

Ia pun mengingatkan kasus Covid-19 di DKI Jakarta maupun di Indonesia belum berada di puncak. Kenaikan kasus, lanjut dia, karena semakin meningkatkan kapasitas tes Covid-19.

“Kasus kenaikan ini belum berada di puncaknya, semakin naik karena kapasitas pemeriksaan juga naik. Di lapangan potensi kasus jauh lebih besar seiring dengan pembukaan semua sektor kehidupan,” pungkasnya.

(Ari)

  • #kawasan khusus pesepeda
  • #Jalur Sepeda
  • #Bioskop Dibuka
  • #Pemprov DKI Jakarta
  • # PSBB Transisi
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Pimpinan DPRD DKI Minta Anies Tunda Pembukaan Bioskop

Ming Agu 30 , 2020
JAKARTA – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunda pembukaan bioskop. Sebab, semua pihak tengah berjuang untuk mengendalikan kasus Covid-19. “Ya kalau saya saran tunda dulu lah, ini kita sedang berjuang lawan Covid bukan sedang enak-enakan” kata Zita dalam keterangannya, Minggu (30/8/2020). Zita […]