Pakar Kesehatan: Aturan Ganjil-Genap Tambah Risiko Warga Terpapar Covid-19

https: img.okezone.com content 2020 08 03 338 2255869 pakar-kesehatan-aturan-ganjil-genap-tambah-risiko-warga-terpapar-covid-19-4OfBp8LslP.jpg

JAKARTA – Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menyayangkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang kembali menerapkan aturan ganjil-genap untuk mobil mulai hari ini, Senin (3/8/2020).

Kata dia, aturan tersebut menambah resiko warga terpapar Covid-19. Pasalnya, warga yang sebelumnya mengendarai mobil pribadi akan beralih ke transportasi umum yang lebih besar potensinya untuk menyebarkan Covid-19.

“Itu menambah resiko (terpapar Covid-19) karena akan menggeser orang-orang yang tadinya melakukan transportasi pribadi berganti dengan transportasi umum seperti KRL, MTT, bus dan lain-lain,” ujar Hermawan saat dihubungi Okezone.

 Kereta api

Dia menyebut bahwa kebijakan ini bukan solusi untuk menggendalikan wabah corona. Hal itu lantaran kebijakan ganjil-genap akan menambah masalah bagi warga.

Seharusnya, lanjut dia, Pemprov DKI Jakarta mengembalikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mengendalikan pandemi Covid-19.

“Jadi sebenarnya gage ini justru menambah masalah bukan solusi. Seharusnya tidak menerapkan gage. Karena kedaruratan kesehatan itu kalau sewaktu orang yang ingin memeriksakan dirinya, orang yang ingin memeriksakan kesehatannya pastinya harus mudah akses. Tapi ini dia sulit karena ganjil-genap itu,” pungkasnya.

 

(wal)

1
1

  • #PSBB Transisi Diperpanjang
  • #Covid-19
  • #Ganjil Genap Kendaraan
  • #Pemprov DKI Jakarta
  • #Ganjil Genap Jakarta
  • #New Normal Kereta


Loading…

Next Post

Senin Pagi, Penumpang KRL Menumpuk di Stasiun Bojonggede

Sen Agu 3 , 2020
JAKARTA – Antrean penumpang kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Bojonggede, Bogor mengular hingga ke jalan raya, Senin (3/8/2020). Penumpukan terjadi karena pihak stasiun membatasi kapasitas gerbong kereta demi mencegah adanya penularan Virus Corona. Menurut salah satu penumpang KRL, Sarah, penumpukan penumpang kerap terjadi pada Senin pagi karena banyak masyarakat […]