OceanBase Menandatangani Perjanjian dengan NTU Singapura dalam Optimisasi Basis Data dan Kemajuan Komputasi Hijau

(SeaPRwire) –   SINGAPURA, 31 Jan 2024 — OceanBase dan Nanyang Technological University, Singapura (NTU Singapura) hari ini menandatangani perjanjian untuk menyelidiki inovasi teknologi dalam peningkatan performa sistem basis data dan memajukan praktik komputasi hijau.

Tim kemitraan Oceanbase & NTU
Tim kemitraan Oceanbase & NTU

Perjanjian tersebut akan mendukung penelitian lanjut mengenai optimalisasi basis data, dengan fokus khusus pada peningkatan performa parameterized queries.

Parameterized queries, yang banyak digunakan dalam sistem basis data, adalah jenis tugas komputasi intensif data yang biasanya memerlukan sumber daya komputasi dan energi yang besar. Maka dari itu, para peneliti basis data terus-menerus mencari strategi optimasi untuk mengurangi penggunaan CPU dan memori, memperpendek waktu kueri, meningkatkan performa sistem basis data secara keseluruhan, dan memupuk operasi basis data yang lebih ramah lingkungan. Meskipun teknologi pembelajaran mesin telah diterapkan pada parameterized queries sebagai bagian dari arah penelitian ini, metode saat ini menghadapi keterbatasan saat menangani kueri kompleks.

Untuk mengatasi tantangan teknis ini, NTU Singapura dan OceanBase akan memulai penelitian kolaboratif tentang “Pembelajaran untuk Peringkat guna Optimalisasi Kueri Parameter” berdasarkan OceanBase 4.0 Paetica. Para peneliti dari kedua institusi akan menyelidiki penerapan teknologi inovatif untuk mengatasi hambatan performa yang terkait dengan parameterized queries, termasuk pengembangan algoritma baru yang secara dinamis beradaptasi dengan lingkungan basis data yang terus berubah, menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang canggih untuk menghasilkan rangkaian rencana cache yang hampir optimal untuk parameterized queries, dan lebih akurat menunjukkan dan memperkirakan dampak perubahan parameter halus pada keampuhan rencana kueri untuk mengidentifikasi opsi optimal.

“Penggabungan teknologi pembelajaran mesin ke dalam sistem basis data menawarkan peluang yang signifikan untuk mengatasi kendala performa parameterized queries, meningkatkan efisiensi dan mengurangi konsumsi energi,” ujar Prof. Cong Gao, peneliti utama proyek dan profesor tetap di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknik NTU Singapura. “Kolaborasi kami dengan OceanBase merupakan langkah menuju pengembangan teknologi basis data dan komputasi hijau ke era inovasi baru.”

“Kami sangat gembira dapat bergabung dengan NTU Singapura untuk menyelidiki inovasi mutakhir dalam pembelajaran mesin untuk basis data. Misi ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan teknologi basis data melainkan juga penting untuk keberlanjutan lingkungan sistem teknologi yang mendukung ekonomi digital kita,” kata Yang Chuanhui, Chief Technology Officer OceanBase. “Kami yakin bahwa penelitian gabungan universitas-industri ini akan mempercepat kemajuan di area ini dan mengungkapkan berbagai peluang penting karena sistem basis data digunakan secara lebih luas.”

Sejauh ini, OceanBase telah mengembangkan versi basis data berbasis cloud dan lokal, yang melayani lebih dari 1000 pelanggan dari berbagai industri, termasuk jasa keuangan, energi, telekomunikasi, dan internet. Mereka telah menyediakan layanan di 30 zona ketersediaan di Asia, Eropa, dan Amerika pada platform cloud global utama seperti Amazon Web Services dan Alibaba Cloud. OceanBase juga memperoleh Penghargaan Khusus dalam Gartner® Magic Quadrant™ untuk Sistem Manajemen Basis Data Cloud 2023.

Tentang OceanBase

OceanBase yang diluncurkan tahun 2010 merupakan basis data relasional terdistribusi. Kekuatan OceanBase dibandingkan solusi alternatif meliputi konsistensi data yang kuat, ketersediaan tinggi, performa tinggi, efektivitas biaya, skalabilitas elastis, dan kompatibilitas tinggi dengan basis data relasional umum. Sistem ini memungkinkan transaksi dan kueri analitis hanya dengan satu set mesin data, yang memberdayakan inteligensi bisnis waktu nyata.

Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan kunjungi:

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Pelaksanaan Strategi SKF Menghasilkan Kinerja yang Kuat pada Tahun 2023: Laporan Akhir Tahun

Rab Jan 31 , 2024
(SeaPRwire) –   GÖTEBORG, Swedia, 31 Jan. 2024 — Q4 2023 Penjualan bersih: SEK 24.438 juta (25.361) Pertumbuhan organik: -1,9% (9,7%) Laba operasi/margin yang disesuaikan: SEK 2.929 juta, 12,0% (2.542, 10,0%) Sepanjang tahun 2023 Penjualan bersih: SEK 103.881 juta (96.933) Pertumbuhan organik: 3,7% (8,1%) Laba operasi/margin yang disesuaikan: SEK 12.977 […]