Jakarta () – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengapresiasi semangat juang Tim Nasional Indonesia dan kecerdikan sang pelatih Shin Tae-yong yang mampu mengalahkan Singapura dan masuk ke babak final Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong mengalahkan Singapura secara dramatis dengan skor akhir 4-2 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12) kemarin.

"Pertandingan semi final piala AFF leg ke 2 Timnas Indonesia vs Singapura mendebarkan," kata Menpora Amali, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Bahkan, Menpora sempat khawatir ketika Indonesia tertinggal 1-2, padahal Timnas unggul jumlah pemain ketimbang Singapura.

"Saya sempat 'deg-degan' atau khawatir saat posisi kita tertinggal 2-1, padahal kita melawan Singapura yang hanya bermain 9 pemain," katanya.

Akan tetapi, rasa optimistis Menpora Amali kembali muncul lagi ketika Pelatih Shin Tae-yong mengganti 3 pemain sekaligus dengan memasukkan Elkan Bagoot, Irfan Jaya, dan Egy Maulana Vikri.

"Di situ saya melihat semangat Timnas mulai bangkit lagi dan bisa menyamakan kedudukan 2-2," tambahnya.

Terbukti, setelah itu Timnas kembali tampil garang di dua kali perpanjangan waktu dengan menambah dua gol.

"Setelah itu Timnas mulai menguasai permainan dan mereka kembali bersemangat saat perpanjangan waktu. Saya sangat mengapresiasi semangat juang pemain kita, walaupun sudah tertinggal tapi mereka tidak kendor," puji Menpora.

Baca juga: Indonesia ke final Piala AFF 2020

Dengan hasil itu, tercatat skuad Garuda telah mencapai partai puncak di turnamen tersebut untuk keenam kalinya.

"Sekali lagi saya juga ingin mengapresiasi Pelatih Shin Tae-yong yang menerapkan strategi dengan jitu sehingga Timnas Indonesia bisa masuk ke babak final," ujarnya.

Tak lupa, Menpora meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia kepada Timnas agar bisa berjaya di final dan memenangi Piala AFF 2020.

"Ayo kita dukung Timnas Indonesia dengan doa dari seluruh rakyat Indonesia. Terima kasih atas perjuangan Timnas sudah sampai babak final piala AFF 2020," kata Menpora.

Baca juga: Shin sebut pemain cadangan Singapura cederai fair play

Untuk lawan Indonesia di final baru diketahui usai pertandingan Thailand versus Vietnam yang baru berlaga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 pada Minggu (26/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Thailand sementara sudah melangkahkan satu kakinya di final ln leg pertama mereka mampu menang 2-0 atas Vietnam.

Laga final Piala AFF 2020 akan berlangsung secara dua leg dan semuanya ditayangkan secara live di RCTI dan iNewsTV. Leg pertama pada Rabu, 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB dan leg kedua dihelat pada Sabtu, 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2021