Mengenang Sumbangsih Profesor Malik Fadjar untuk Indonesia

https: img.okezone.com content 2020 09 08 337 2274133 mengenang-sumbangsih-profesor-malik-fadjar-untuk-indonesia-XVn3zbTAeS.jpg

JAKARTA – Mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Prof. Dr. Abdul Malik Fadjar menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin, 7 September 2020, malam hari. Almarhum Malik Fadjar meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta.

Sebelum meninggal, Malik Fadjar dikenal sebagai sosok yang banyak memberikan sumbangsih untuk Indonesia. Pria yang lahir di Yogyakarta, 22 Februari 1939 itu dikenal sebagai salah tokoh berpengaruh di Muhammadiyah.

Malik Fadjar sempat menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional pada era kepemimpinan Megawati Soekarnoputri. Di era itu, lulusan Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Malang tersebut juga pernah menjabat sementara (ad-interim) sebagai Menko Bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia.

Malik Fadjar bahkan telah lebih dulu mencicipi jabatan Menteri Agama pada masa kepemimpinan BJ Habibie. Ia juga tercatat pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang sejak 1983 hingga 2000.

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Saadi meyakini bahwa Malik Fadjar merupakan orang baik. Meskipun, Zaimut mengaku tidak mengenal dekat secara personal dengan Almarhum Malik Fadjar.

“Meskipun saya tidak memiliki kedekatan secara personal dengan Profesor Malik Fadjar, namun saya berani bersaksi beliau adalah termasuk orang baik yang memiliki sejumlah keistimewaan,” kata Zainut kepada Okezone, Selasa (8/9/2020).

Selain sebagai tokoh pendidikan, kata Zainut, beliau juga sebagai tokoh agama dan pemerintahan. “Beliau adalah sedikit dari tokoh bangsa yang sukses mengemban 3 (tiga) bidang yang sangat mulia tersebut,” bebernya.

Pada bidang pendidikan, Malik Fadjar memulai karirnya dari bawah. Mulai dari menjadi guru SD sampai menjadi rektor pada dua perguruan tinggi Muhammadiyah yang ternama, yaitu Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Baca Juga : Wejangan Malik Fadjar Ini Sangat Dikenang Kader Muda Muhammadiyah

Sebagai seorang aktivis organisasi, beliau banyak berkecimpung di organisasi, seperti ICMI, HIPIIS. Almarhum juga adalah tokoh penting di Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang memiliki kontribusi besar bagi pengembangan pendidikan di lingkungan Muhammadiyah.

“Beliau seorang tokoh agama yang memiliki pemahaman agama yang inklusif dan inspiratif, sehingga sering menjadi rujukan dan tempat bertanya dari berbagai kalangan,” kata Zainut.

(aky)

  • #Malik Fadjar Meninggal Dunia
  • #Abdul Malik Fadjar meninggal dunia
  • #obituari
  • #Abdul Malik Fadjar
  • #Malik Fadjar

Next Post

Cegah Corona, Polisi Pasang Ratusan Spanduk 'Ayo Pakai Masker'

Sel Sep 8 , 2020
Jakarta – Polresta Bandara Soekarno-Hatta memasang ratusan spanduk wajib memakai masker. Selain itu, sejumlah mobil polisi juga dijadikan mobil patroli Corona. “Pemasangan spanduk ‘Ayo Pakai Masker’ tersebut dilaksanakan untuk mengajak masyarakat bahwa sangat pentingnya memakai masker untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” kata Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Adi Ferdian Saputra, dalam […]