Makna Barongsai dalam Deklarasi Perindo pada Muhamad-Saras

https: img.okezone.com content 2020 09 07 338 2273562 makna-barongsai-dalam-deklarasi-perindo-pada-muhamad-saras-o6m0nab7iH.jpg

TANGERANG SELATAN – DPD Partai Perindo resmi mengalirkan dukungan pada pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dukungan itu dikukuhkan dalam deklarasi Partai Perindo yang berlangsung di Remaja Kuring, Serpong. Selain pasangan Muhamad-Saras, perwakilan partai pengusung juga nampak menghadiri deklarasi tersebut.

Ketua DPD Partai Perindo, Julia Mihardja, secara khusus memersembahkan atraksi Barongsai dalam penyambutan Muhamad-Saras. Selain menonjolkan aspek pelestarian budaya, penampilan Barongsai rupanya memiliki pesan tersendiri bagi dukungan politik Perindo.

“Barongsai itu kan satu budaya sejak ribuan tahun silam, ini penting untuk dilestarikan. Kehadirannya memberi makna untuk kesehatan dan kesejahteraan, jadi itu sebagai doa dan harapan kita juga atas suatu keinginan,” terang Julia kepada Okezone, Minggu (6/9/2020).

Tradisi Barongsai sendiri sebenarnya mulai populer pada tahun 420-589 masehi, di mana saat itu berada pada zaman dinasti Nan Bei. Istilah Barongsai sendiri hanya ada di Indonesia, karena di negara asalnya Tiongkok disebut sebagai Wu Shi. Dengan kata lain, Barongsai adalah bentuk akulturasi antara budaya nusantara dan Tiongkok.

Baca Juga : BMKG Mutakhirkan Gempa Melonguane Jadi Magnitudo 6,7, Ini Penjelasannya

Pada deklarasi dukungan Partai Perindo kepada Muhamad-Saras, Barongsai sempat berlenggak lenggok menampilkan atraksinya. Pada bagian akhir, dilakukan pula pemberian angpau oleh masing-masing perwakilan partai pengusung ke dalam mulut singa Barongsai.

“Atraksi ini sekaligus memberikan harapan agar pasangan Muhamad-Saras bisa memenangkan pertarungan Pilkada, tentu dibarengi dengan kerja keras seluruh massa pengusung, pendukung, dan relawan,” kata Julia.

Dikatakan Julia, dukungan terhadap Muhamad-Saras telah direstui Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Oleh karenanya, sebagai kader partai Julia mengaku siap mewujudkan komitmen dukungan itu hingga ke jejaring di tingkat bawah.

“Deklarasi kemarin adalah pengukuhan kita sebagai partai untuk memenangkan pasangan Muhamad-Saras,” tuturnya.

Dilanjutkan dia, keberagaman menjadi persoalan bersama yang kadang masih kerap ternoda di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Kota Tangsel. Oleh karena itu, butuh kepemimpinan yang mampu mengedukasi, mengajak masyarakat untuk menjaganya bersama.

“Kami yakin, persoalan keberagaman itu sebenarnya tugas berat bagi kita semua. Tinggal keberanian para pemimpinnya bagaimana mampu mengajak masyarakat menjaga keberagaman itu. Dari sanalah kami optimis, Muhamad-Saras adalah pemimpin yang tepat,” tandasnya.

1
2

  • #tangerang selatan
  • #Pilkada Tangsel 2020
  • #Pilkada 2020
  • #Muhamad-Saras
  • #Partai Perindo
  • #Barongsai

Next Post

KPU Terima Pendaftaran 687 Bakal Paslon Pilkada Serentak 2020

Sen Sep 7 , 2020
Jakarta – Pendaftaran bakal pasangan calon di Pilkada serentak 2020 telah berakhir pada 6 September 2020. Hingga pukul 24.00 WIB, KPU telah menerima pendaftaran 687 bakal pasangan calon di seluruh Indonesia. “Jumlah bakal pasangan calon yang diterima pendaftarannya berdasarkan data yang dihimpun melalui sistem informasi pencalonan hingga pukul 24.00 sebanyak […]