Saya sudah sampaikan kepada semua pemain untuk mulai bersiap latihan bersama

Jakarta () – Skuad Madura United mulai bersiap menggeber kembali latihan bersama seiring adanya kepastian kompetisi Liga 1 2021 pada 20 Agustus mendatang yang telah disampaikan PSSI.

"Saya sudah sampaikan kepada semua pemain untuk mulai bersiap latihan bersama. Persiapan mereka ialah meningkatkan intensitas latihan mandirinya agar dapat langsung 'in' saat latihan bersama," kata Manajer Madura United Rahmad Darmawan, dikutip dari laman resmi klub, Selasa.

Coach RD, sapaan akrab pelatih asal Lampung itu memang mulai menyerukan anak asuhnya untuk meningkatkan intensitas latihan mandiri yang ditujukan agar saat kembali latihan bersama sudah dalam kondisi siap.

Dengan kata lain, tidak perlu membutuhkan waktu lama memulihkan kondisi fisik setelah lama tidak berlatih bersama.

Diketahui, Laskar Sape Kerrab telah meliburkan tim sejak PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT. LIB) mengumumkan penundaan Liga 1 2021-2022, Selasa (29/6) lalu atau sudah sebulan lebih menjalani latihan mandiri.

Untuk rencana latihan bersama, tim yang berbasis di Pulau Garam itu bakal menggelar latihan bersama di Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Pamekasan pada pekan kedua Agustus 2021.

Namun, Coach RD belum mau membeberkan secara detail jadwal rencana peras keringat anak asuhnya itu.

Sementara itu, striker asing Madura United Rafael Silva mengaku intens melakukan latihan mandiri setiap hari sebagaimana diinstruksikan tim pelatih.

Bahkan, pemain berusia 30 tahun itu menceritakan sering ke tempat fitness untuk nge-"gym" untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

"Saya profesional. Saya jaga kondisi. Kadang saya latihan bersama Jaime (Jaimerson Xavier) dan Jaja (Hugo Gomes dos Santos Silva). Adakalanya latihan sendiri. Sering nge-'gym'," terangnya.

Baca juga: Coach RD: Sepak bola bisa menambah imun

Sebelumnya, PSSI telah memastikan bahwa Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 yang sebelumnya dijadwalkan 9 Juli 2021 tetapi ditunda ln meningginya kasus COVID-19 di Jawa dan Bali akan dimulai 20 Agustus 2021.

Keputusan itu diambil setelah PSSI dan PT LIB berkonsultasi dengan Menpora dan Polri. Penurunan kasus COVID-19 di Pulau Jawa dan Bali juga menjadi pertimbangan utama atas keputusan tersebut.

"PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Dalam waktu dekat kami akan menggelar pertemuan virtual dengan seluruh perwakilan klub," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Yunus menyebutkan bahwa semua laga Liga 1 akan berlangsung tanpa kehadiran penonton di stadion.

Baca juga: PSSI: Liga 1 musim 2021-2022 dimulai 20 Agustus 2021
Baca juga: LIB: Liga 1 2021-2022 digelar di zona aman Pulau Jawa
Baca juga: LIB: pelanggar protokol kesehatan liga akan dapat sanksi

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2021