Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri, DPR: Rekam Jejak dan Prestasi Sangat Meyakinkan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengirimkan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI. Sososk Listyo dinilai cukup meyakinkan sehingga layak menjadi penerus Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

“Kami menilai dari rekam jejak dan prestasi Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo cukup meyakinkan untuk menduduki jabatan sebagai Kapolri. Saya yakin proses fit dan proper test di DPR akan berjalan mulus,” ujar Anggota Komisi III DPR Cucun Ahma Sjamsurijal kepada MNC Portal, Kamis (14/1/2021).

Baca juga:  Jadi Calon Kapolri, Listyo Sigit Ikuti Jejak 3 Senior dari Bareskrim 

Cucun menuturkan, bahwa Presiden Jokowi pasti mempunyai pertimbangan matang dalam memilih figur Listyo sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Pasalnya berdasarkan sisi prestasi Komjen Sigit mempunyai catatan yang cukup mentereng.

Saat menjabat Kabareskrim misalnya Komjen Sigit mampu membongkar upaya menyelundupkan buronan Djoko Tjandra ke tanah air. Tak hanya itu Bareskrim Polri juga mampu menangkap Djoko Tjandra yang menjadi buronan selama belasan tahun dalam kasus cessie Bank Bali.

Baca juga:  Komjen Listyo Dinilai Dapat Perkuat Sinergi Ulama dan Umara

“Bareskrim di bawah komando Komjen Sigit juga cukup responsive dalam mengurai kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, seperti peristiwa kebakaran di Gedung Utama Kejagung, di mana Polri akhirnya menetapkan jika kasus tersebut bukan sekadar ketidaksengajaan, tapi juga ada unsur pidananya,” tutur Cucun.

Sementara untuk pengalama, lanjut Cucun, rekam jejak Komjen Listyo juga mumpuni. Lulusan Akpol 1991 tersebut telah pernah menduduki jabatan Kapolres di tiga wilayah yakni Pati, Sukoharjo, dan Surakarta. Komjen Sigit juga pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Reskrim Polda Sulawesi Selatan dan Kapolda Banten. Selain itu, juga pernah menduduki kursi Kadiv Propam Mabes Polri, sebelum terpilih sebagai Kabareskrim.

“Pengalaman Komjen Pol Sigit dalam menduduki berbagai jabatan strategis di Polri juga relative lengkap. Tiga kali menjabat Kapolres, pernah menduduki jabatan Direktur Reskrim Polda Sulsel, pernah jadi Kapolda, hingga menjabat Kabareskrim. Saya kira rekam jejak ini cukup mumpuni,” beber dia.

Karena itulah Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR ini mengatakan prestasi dan rekam jejak Komjen Sigit diperlukan untuk membawa institusi Polri menjadi kian professional, modern, dan terpecaya.

Apalagi tantangan Indonesia sebagai bangsa juga kian berat. Mulai dari pengendalian penyebaran Covid-19 membutuhkan peran aktif Polri dalam menegakkan protokol Kesehatan. Selain itu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemic juga membutuhkan soliditas dan peran serta Polri sebagai pengayom masyarakat.

“Kita nanti lihat bersama bagaimana visi dan misi Komjen Sigit dalam mengelola institusi Polri dalam fit and proper test di Komisi III. Kita tentu berharap bersama jika Komjen Sigit akan mampu membawa Polri semakin professional dan dicintai rakyat,” tandas Cucun.

1
2

  • #DPR RI
  • #Presiden jokowi
  • #Komjen Listyo Sigit Prabowo
  • # Kapolri Jenderal Idham Aziz Pensiun
  • #Bursa Kapolri

Next Post

Epidemiolog Sebut Pandemi Covid-19 di Indonesia Belum Mencapai Puncak

Kam Jan 14 , 2021
JAKARTA – Kasus harian positif Covid-19 di Tanah Air kembali bertambah. Tercatat hingga 13 Januari 2021 bertambah 11.278 kasus dan memecahkan rekor tertinggi. Sampai sekarang ini akumulasi orang yang dinyatakan pasien Covid-19 sebanyak 858.043 orang. Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, meskipun kasus harian terus bertambah, pandemi Covid-19 […]