Lima Kecamatan di Cirebon Terendam Banjir

https: img.okezone.com content 2020 12 27 525 2334322 lima-kecamatan-di-cirebon-terendam-banjir-xyJiH3KPCV.jpg

CIREBIN – Wilayah timur Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dilanda banjir pada Minggu (27/12/2020) dini hari. Banjir mulai merendam permukiman warga setelah hujan dengan intensitas besar turun sejak Sabtu (26/12/2020) sore.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan mengatakan, daerah terparah yang terendam banjir di wilayah timur Kabupaten Cirebon adalah Desa Mekarsari dan Desa Gunungsari, di Kecamatan Waled. Ketinggian air di dua desa tersebut bervariasi. Mulai dari 40 cm sampai satu meter.

Menurut Alex, di Desa Mekarsari dan Desa Gunungsari sendiri terdapat ratusan rumah yang terendam banjir. Ia menyebut, banjir kali ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Ciberes yang tidak mampu menahan debit air, setelah turunnya hujan deras sejak Sabtu sore.

“Banyak faktor yang menyebabkan banjir. Faktor pertama adalah limpahan dari daerah Sungai Ciberes, atau daerah-daerah dataran tinggi sekitaran Kabupaten Cirebon. Kemudian kedua mungkin karena rob laut. Berdampak pada tidak tersalurkannya air dengan lancar,” kata Alex saat ditemui Okezone di Kantor Kepala Desa Gunungsari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (27/12/2020) dini hari.

Baca Juga : 

Lebih lanjut Alex menerangkan, sebanyak 29 orang diungsikan sementara ke Kantor Kepala Desa Gunungsari. Dari 29 orang ini, salah satunya adalah bayi yang masih berusia satu minggu.

Sejak Sabtu malam, kata dia, banjir sudah melanda beberapa desa di lima kecamatan di Kabupaten Cirebon, seperti di Kecamatan Lemahabang, Kecamatan Astanajapura, Kecamatan Karangsembung, Kecamatan Pangenan, dan Kecamatan Waled. Alex mengaku, sampai saat ini pemukiman warga masih terendam banjir.

“Yang terdampak sangat ini adalah Kecamatan Waled. Ketinggian air sampai satu meter,” ucap dia.

Sekedar diketahui, hujan deras yang turun sejak Sabtu 26 Dedember 2020 sore, mengakibatkan beberapa desa di lima kecamatan di Kabupaten Cirebon bagian timur tetendam banjir. Hingga saat ini, petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Cirebon, PMI Kabupaten Cirebon, Tim SAR, Polisi, dan TNI masih bersiaga di lokasi banjir.

Baca Juga : Sungai Singaraja Meluap, Puluhan Rumah di Cirebon Terendam Banjir

1
2

  • #Kabupaten Cirebon
  • #Banjir di Cirebon
  • #banjir
  • #Cirebon

Next Post

Eijkman : Vaksin Covid-19 Harus Penuhi Syarat BPOM

Ming Des 27 , 2020
JAKARTA – Kepala Lembaga Biologi dan Pendidikan Tinggi Eijkman Kementerian Riset dan Teknologi, Amin Soebandrio mengatakan, tidak mempermasalahkan dari negara mana vaksin virus corona (Covid-19) berasal, asalkan memenuhi persyaratan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). “Asal negara vaksin bukan isu. Vaksin yang digunakan di program vaksinasi bisa berasal dari Rusia, […]