Libur Panjang saat Pandemi Covid-19, Pemerintah Diminta Pantau Aktivitas PNS

https: img.okezone.com content 2020 08 22 337 2265585 libur-panjang-saat-pandemi-covid-19-pemerintah-diminta-pantau-aktivitas-pns-7gYjigiP19.jpg

JAKARTA – Pemerintah diminta untuk memantau aktivitas para Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah memberikan libur panjang dalam cuti bersama di tengah pandemi Covid-19.

Selain PNS, perkantoran yang memberikan libur panjang karyawannya juga diminta untuk memantau aktivitas karyawannya guna mencegah penyebaran corona.

“Yang tidak kalah penting untuk diantisipasi adalah saat selesai libur panjang ini. Perkantoran harus memastikan para pegawainya dalam kondisi sehat saat masuk kerja,” kata Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman kepada Okezone, Sabtu (21/8/2020).

Menurut dia, karyawan hingga PNS wajib melaporkan kondisi kesehatannya kepada atasan di tempat kerjanya. Sehingga, bila ada gejala seperti demam hingga flu bisa segera melakukan swab test.

 TOL

“Bila ringan cukup istirahat di rumah sambil di monitor, karena bila menunjukkan gejala ke arah Covid tentu harus diperiksa PCR,” ujarnya.

Dicky juga mengimbau, agar libur panjang cuti bersama ini tidak dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman. Pasalnya, hal tersebut bisa berpotensi menjadi klaster baru penyebaran corona.

“Adanya saling mengingatkan di antara anggota keluarga dan masyarakat ini sangat penting. Sehingga keluarga yang di kota asal atau kampung halaman, bisa memahami ketika saudara atau familynya menerapkan protokol standard tersebut,” tandasnya.

(wal)

1
1

  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Libur Long Weekend
  • #pns
  • #Virus Corona
  • #Libur Panjang

Next Post

Kasus Covid-19 Masih Tinggi karena Warga Belum Sadar Protokol Kesehatan

Sab Agu 22 , 2020
JAKARTA – Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra mengatakan, tingginya penambahan kasus Covid-19 lantaran masih banyak warga yang belum sadar untuk menggunakan masker dalam menjalankan aktivitas di luar rumah. Ia pun meminta pemerintah untuk membatasi aktivitas warga di luar rumah. Selain itu, lanjut dia, sektor pariwisata […]