Pemerintah ingin laga berlangsung di daerah dengan kondisi COVID-19 level dua dan tiga

Jakarta () – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan bahwa stadion tempat digelarnya laga Liga 1 musim 2021-2022 akan diberitahukan kepada setiap klub dua hari sebelum pertandingan.

Dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Selasa, Sudjarno menyebut kebijakan itu diterapkan ln pemerintah meminta lokasi pertandingan fleksibel, disesuaikan dengan situasi COVID-19 di wilayah setempat.

"Pemerintah ingin laga berlangsung di daerah dengan kondisi COVID-19 level dua dan tiga," ujar Kapolda Lampung tahun 2016-2017 itu.

Sudjarno mengeklaim semua klub peserta sepakat dengan hal tersebut.

Apalagi, soal wilayah laga Liga 1 sudah disebutkan secara jelas dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 "Corona Virus Disease" 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa, "Kompetisi Sepak Bola Liga 1 (satu) dapat dilaksanakan maksimal 9 (sembilan) pertandingan setiap minggunya dan diselenggarakan di wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3 (tiga) dan level 2 (dua)".

Kemudian, tim-tim Liga 1 juga dianggap siap sedia karena 18 klub itu sudah berada di Pulau Jawa. Saat ini, tim-tim menyebar di kawasan klaster satu Liga 1 yaitu DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Baca juga: LIB: Liga 1 dijalankan sesuai Instruksi Mendagri Nomor 38/2021

"Kenapa, karena semua klub ini posisinya on call apalagi sekarang sudah mendekat semua," tutur Sudjarno.

Liga 1 2021-2022 dimulai sejak 27 Agustus 2021 dan telah menuntaskan tiga pertandingan. Setelah itu, ada enam laga lanjutan pekan pertama yang bergulir mulai Jumat, 3 September 2021.

Masih sesuai Instruksi Mendagri Nomor 38/2021, pemerintah hanya mengizinkan Liga 1 berlangsung dengan maksimal sembilan pertandingan setiap minggunya.

Baca juga: Satgas Penanganan COVID-19 dukung LIB lanjutkan Liga 1
Baca juga: Iriawan: PSSI evaluasi kinerja wasit tiga laga awal Liga 1
Baca juga: PSSI-LIB segera laporkan hasil tiga laga awal Liga 1 ke pemerintah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021