Jakarta () – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno memastikan bahwa seri pertama Liga 1 musim 2021-2022 akan digelar di wilayah yang masuk klaster satu yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

"Kami akan memulainya dari Jakarta. Seri satu di klaster satu," kata Sudjarno kepada di Jakarta, Selasa.

Menurut purnawirawan polisi berpangkat akhir Inspektur Jenderal itu, Liga 1 2021-2022 direncanakan digelar mulai dari Jakarta.

Namun, Sudjarno belum mau membeberkan stadion mana yang akan dipakai untuk laga perdana tersebut.

Dan, seperti yang juga dikatakan Menpora Zainudin Amali, tempat pertandingan akan fleksibel sesuai dengan kondisi COVID-19.

Akan tetapi, LIB menekankan bahwa jika memang harus dipindah, maka pemindahan dilakukan dalam satu klaster tersebut.

"Jadi misalnya kalau ada perkembangan peningkatan kasus COVID-19 di satu tempat, kami akan memindahkan laga ke tempat lain yang lebih aman, tetapi masih dalam satu klaster. Misalnya nanti di klaster satu, mana yang bisa dipakai, ya, itu yang akan digunakan. Apakah, contohnya, di Stadion Wibawa Mukti, Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Pakansari, Stadion Utama GBK atau mungkin di Tangerang," tutur Sudjarno.

Baca juga: Liga 1 mundur, Coach Teco terus motivasi pemain Bali United
Baca juga: LIB: persiapan tak terganggu meski Liga 1 diundur sepekan

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan digelar mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022.

Format pelaksanaan Liga 1 2021-2022 tidak berubah dari rencana semula yaitu digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga di Jawa Timur.

Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB akan menggulirkan Liga 2. Akan tetapi, waktu pelaksanaan dan teknis penyelenggaraannya akan dipastikan kemudian.

Baca juga: Dewa United bekerja sama dengan TNI-Polri gelar vaksinasi massal
Baca juga: Pemerintah akan awasi ketat pelaksanaan Liga 1 dan 2

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © 2021