KSAD: Lab PCR Penanganan Covid-19 di RS TNI Hampir Rampung

https: img.okezone.com content 2020 11 16 337 2310097 ksad-lab-pcr-penanganan-covid-19-di-rs-tni-hampir-rampung-nwJ91u0nem.jpg

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima laporan langsung terkait perkembangan pemasangan instalasi laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di sejumlah rumah sakit TNI AD. Berdasarkan laporan yang diterima Andika, pembangunan laboratorium PCR di sejumlah RS TNI AD hampir rampung. 

Adapun, laboratorium PCR yang dibangun di sejumlah RS TNI AD merupakan bantuan atau dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Laboratoriun itu dibangun untuk mempercepat penanganan virus corona (Covid-19).

“Oke saya rasa itu saja perkembangan, berarti sudah tinggal sedikit sekali dan yang tinggal sedikit tadi sudah saya cek, berarti kalau untuk yang dari BNPB minggu depan, Jumat depan, harusnya sudah operasional semua, sudah mulai beroperasi,” kata Andika saat melakukan telekonferensi berkala bersama jajaran petinggi TNI AD, Minggu (15/11/2020).

Jenderal Andika Perkasa.

“Sedangkan yang dari Kementerian Pertahanan yang berbasis kontainer ini, Jumat depan saya juga ingin ada laporan terakhir dari masing-masing tentang kondisinya,” sambungnya.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Tahun Terancam Ditiadakan jika Begini Kondisinya

Berdasarkan laporan dari Aslog KSAD, Mayjen TNI Iswanto, laboratorium PCR dukungan BNPB telah beroperasi di beberapa rumah sakit dan sedang dilakukan instalasi di di lima rumah sakit lainnya yakni, RS Slamet Riyadi Solo, RS Wolter Mongonsidi Palu, RS Suharsono Banjarmasin, RS Latumenten Ambon, dan RS Daan Mogot Jakarta. 

Sementara dukungan lab PCR dari Kemenhan, sedang dilakukan instalasi di beberapa rumah sakit. Untuk yang akan mulai beroperasi terdapat di RS Purwokerto, RS Husada Jember, RS Udayana Denpasar, dan RS Moh Ridwan.

Andika juga menerima laporan berkala terkait penanganan pasien Covid-19 di RSPAD. Laporan berkala itu berupa ketersediaan reagen dan plasma konvalesen. KSAD berjanji akan memberikan dukungan kepada RS TNI AD sebagai garda depan dalam penanganan Covid-19. 

1
2

  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • #Covid-19
  • #Lab PCR
  • #tni ad
  • #KSAD Andika Perkasa

Next Post

Belum Seminggu Menjabat, Presiden Peru Manuel Merino Mengundurkan Diri

Sen Nov 16 , 2020
JAKARTA – Presiden sementara Peru, Manuel Merino dikabarkan mengundurkan diri pada hari Minggu, 15 November 2020. Padahal, Manuel Merino baru menjabat sebagai Presiden kurang dari seminggu. Melansir Reuters, Senin (16/11/2020), Manuel Merino mengundurkan diri setelah adanya protes yang menuntut pencopotannya sebagai presiden. Protes tersebut berujung pada kerusuhan yang menewaskan dua […]