KPK Dalami Pembayaran Kredit Mobil Mewah Eks Bupati Bogor Rachmat Yasin

https: img.okezone.com content 2020 09 29 337 2285271 kpk-dalami-pembayaran-kredit-mobil-mewah-eks-bupati-bogor-rachmat-yasin-ehBCXT7zSU.jpg

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi kepada Supervisor Legal Maybank Finance Mirza Taufani terkait adanya dugaan pembayaran kredit mobil oleh tersangka mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin.

Mirza diperiksa penyidik KPK sebagai saksi untuk Rachmat Yasin dalam kasus korupsi pemotongan uang anggaran pada Satuan Kerja pemerintah Kabupaten Bogor dan gratifikasi. “Mirza Taufani dikonfirmasi terkait dengan dugaan pembayaran kredit mobil Toyota Velfire yang digunakan oleh tersangka RY,” ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/9/2020).

Diketahui, KPK kembali menjerat Rachmat Yasin sebagai tersangka atas dua kasus korupsi sekaligus, yakni kasus dugaan pemotongan uang dan penerima gratifikasi. KPK pun telah menahan Rachmat pada Kamis 13 Agustus 2020 setelah yang bersangkutan menyandang status tersangka sejak 25 Juni 2019. Ia mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Pomdam Jaya Guntur.

Baca Juga: KPK Tahan Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin 

Rachmat Yasin diduga telah meminta, menerima atau memotong pembayaran dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebesar sekitar Rp8,93 miliar. Uang tersebut diduga digunakan untuk biaya operasional Rachmat Yasin selaku Bupati Bogor saat itu dan juga dipergunakan untuk kebutuhan kampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Legislatif yang diselenggarakan pada 2013 dan 2014.

Sementara untuk kasus kedua, Rachmat Yasin diduga menerima gratifikasi berupa tanah seluas 20 hektare di Jonggol, Kabupaten Bogor dari seseorang untuk memuluskan perizinan pendirian Pondok Pesantren dan Kota Santri. Rachmat diduga juga menerima gratifikasi berupa mobil Toyota Vellfire. Mobil senilai sekira Rp825 juta itu diterima Rachmat Yasin dari seorang pengusaha rekanan Pemkab Bogor.

(Ari)

  • #korupsi
  • #KPK
  • #Mantan Bupati Bogor
  • #Rachmat Yasin

Next Post

Lagi, Dokter di Pekanbaru Meninggal karena Covid-19

Sel Sep 29 , 2020
PEKANBARU – Kabar duka kembali datang dari petugas medis di Riau. Seorang dokter bernama Fransiskus Hamido Hutauruk meninggal dunia karena terpapar Covid-19 atau virus corona. Pasien meninggal pada 28 September 2020 sekitar pukul 16 00 WIB di RSUD Arifin Achmad. Fransiskus merupakan dokter kebidanan yang berdinas di Rumah Sakit Umum […]