Kesadaran Masyarakat Jadi Kunci Keberhasilan Lawan Corona

https: img.okezone.com content 2020 08 01 337 2255245 kesadaran-masyarakat-jadi-kunci-keberhasilan-lawan-corona-myjLNPQDnf.jpg

JAKARTA – Ahli epidemiologi asal Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani menegaskan tidak ada kunci lain untuk menghentikan laju penyebaran virus corona jika masih minimnya kesadaran masyarakat.

“Kalau menurut saya kesadaran yang tinggi dari masyarakat sangat diperlukan pada kondisi ini,” kata Laura saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (1/8/2020).

Laura mengatakan, masyarakat harus bisa menahan diri dalam melakukan aktivitas di luar rumah jika berisiko penyeraban virus corona. Di saat yang sama kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan harus sudah menjadi kebiasaan.

“Intinya kemudian jangan sampai masyarakat merasa bahwa kondisi sekarang merupakan kondisi normal tidak dalam masa pandemi,” ungkapnya.

Baca Juga: Dites Swab Positif Corona, Satu Keluarga Mengamuk saat Dijemput Petugas

Di sisi lain tambah Laura, pemerintah juga terus meningkatkan upayanya dalam menuntaskan kasus corona di masyarakat dengan melakukan tracing setinggi-tingginya.

“Sehingga pemutusan mata rantai penyebaran bisa dilakukan. Memang lebih sulit menemukan kasus pada kondisi pelonggaran PSBB tetapi kesiapan fasilitas kesehatan dan keagresifan pemeriksaan dan tracing diperlukan pada masa transisi di mana pergerakan atau mobilitas masyarakat sudah tidak dibatasi secara ketat,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan kebijakan yang ketat bagi fasilitas umum yang terbuka maupun tertutup dalam penerapan protokol kesehatan. “Juga setiap tempat di luar fasilitas umum harus memiliki panduan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh semua pihak,” tutupnya.

Baca Juga: Sebaran 108.376 Kasus Positif Corona di 34 Provinsi

(Ari)

  • #Protokol Kesehatan
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona


Loading…

Next Post

Mahfud: Pejabat yang lindungi Djoko Tjandra harus siap dipidana

Sab Agu 1 , 2020
Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan siapa saja pejabat yang selama ini melindungi terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra juga harus siap dipidanakan. Hal tersebut dicuitkan Mahfud dalam akun Twitter pribadinya, @mohmahfudmd, Sabtu, yang awalnya menyoroti soal vonis yang […]