Kemarau, Damkar Minta Masyarakat Tak Bakar Sampah Sembarangan

https: img.okezone.com content 2020 09 04 338 2272854 kemarau-damkar-minta-masyarakat-tak-bakar-sampah-sembarangan-LAMv15G9W1.jpg

JAKARTA – Peristiwa kebakaran di musim kemarau kerap terjadi diakibatkan keteledoran masyarakat yang sembarangan membakar sampah. Menyikapi hal itu, Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati.

“Tidak membakar sampah di siang hari tanpa diawasi. Jadi, bila harus dibakar maka harus dijaga jangan ditinggal pergi,” kata Kasi Ops Sudin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Matraman, Jakarta Timur, Jumat (4/9/2020).

Menurut dia, peristiwa kebakaran di Jakarta Timur masih didominasi oleh pembakaran sampah yang dilakukan di lingkungan warga. Pihaknya mencatat ada 116 kasus kebakaran sampah terjadi karena kelalaian warga sehingga api menimnulkan perambatan.

“Perhatikan saat membuang puntung rokok, jangan membuang ke bahan yang mudah terbakar. Kemudian jangan menumpuk stop kontak karena berpotensi korsleting,” ujarnya.

Baca Juga:  8 Rumah Kebakaran, Kerugian Ditaksir hingga Ratusan Juta

Meski demikian, Gatot belum dapat menyebutkan soal adanya kenaikan jumlah kasus kebakaran di musim kemarau pada tahun ini. Sebab, kata dia, Sudin PKP Jakarta Timur masih terus mendata jumlah kasus kebakaran di Jakarta Timur baik yang disebabkan oleh pembakaran sampah maupun korsleting listrik.

“Untuk potensi kebakaran selama musim kemarau kita belum tahu meningkat atau tidak. Masih kita data dan bandingkan dengan tahun lalu, tapi mudah-mudahan tahun ini menurun,” pungkasnya.

Baca Juga: 105 Orang Telah Diperiksa Polri Terkait Kebakaran Kejagung

(Ari)

  • #pemadam kebakaran
  • #Pemprov DKI Jakarta
  • #Damkar
  • #kebakaran

Next Post

Masih Ada Konvoi saat Pendaftaran Calon, Ini Tanggapan Mendagri

Jum Sep 4 , 2020
JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melihat dalam proses pendaftaran calon peserta Pilkada 2020 pada hari ini, Jumat (4/9/2020), masih ada di sejumlah daerah yang melakukan konvoi massa dalam rangka mengantarkan bakal pasangan calonnya ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat. “Pendaftaran calon kita lihat, di beberapa […]