Kejagung Serahkan Berkas Perkara Tahap 1 Dugaan Gratifikasi Jaksa Pinangki

https: img.okezone.com content 2020 09 03 337 2271757 kejagung-serahkan-berkas-perkara-tahap-1-dugaan-gratifikasi-jaksa-pinangki-tvMso6YhoT.jpeg

JAKARTA – Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI telah selesai dan menyerahkan berkas perkara tahap satu terkait dugaan gratifikasi kepada Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

“Kami informasikan juga terhadap penanganan perkara atas nama tersangka oknum jaksa PSM telah dilakukan penyerahan berkas perkara tahap 1 dari penyidik kepada penuntut umum,” kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Rabu (2/9/2020).

Lebih lanjut Hari mengatakan, berkas perkara tahap satu itu bakal diserahkan ke Jaksa Peneliti. Nantinya, berkas tersebut bakal diteliti selama 7 hari.

“Karena itu, penuntut umum atau jaksa peneliti mempunyai waktu untuk melakukan penelitian berkas perkara dalam waktu 7 hari untuk memberitahukan kepada penyidik apakah berkas perkara tersebut lengkap atau tidak,” ujarnya.

Dalam perkara ini, total sudah ada tiga orang tersangka, yaitu Pinangki, Djoko Tjandra, dan Andi Irfan Jaya. Terbaru Andi Irfan Jaya disangkakan Pasal 15 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Nomor 20 Tahun 2001 dengan dugaan gratifikasi yang dilakukan Pinangki.

“Penyidik telah menetapkan satu tersangka dengan inisial AI, disangka melakukan Tindak Pidana Korupsi sesuai Pasal 15 UU pemberantasan Tipikor yaitu diduga adanya permufakatan jahat dalam dugaan gratifikasi tang diduga dilakukan oknum PSM,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Febrie Adriansyah mengatakan, penuntasan pemberkasan dilakukan agar perkara tersebut segera naik ke meja hijau. Hal tersebut juga dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui konstruksi perkara melalui persidangan.

Baca Juga : Dicecar 34 Pertanyaan, Jaksa Pinangki “Nyerah” Diperiksa 5 Jam Penyidik Bareskrim

“Agar ini cepat disidangkan, agar masyarkaat bisa tahu dipersidangan itu bagaimana konstruksi, perbuatan Pinangki maupun Djoko Tjandra yang terjadi kemudian siapa yang terlibat dari yang telah dilakukan penyidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung ini,” ungkap Febrie di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga : Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi Djoko Tjandra, Andri Irfan Jaya Dipenjara

1
2

  • #Kejagung
  • #Suap Djoko Tjandra
  • #Kasus Djoko Tjandra
  • #Djoko Tjandra
  • #Jaksa Pinangki
  • #Pinangki Sirna Malasari

Next Post

Gempa Magnitudo 5,0 Terjadi di Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Kam Sep 3 , 2020
JAKARTA – Gempa dengan magnitudo 5 mengguncang wilayah Seram Bagian Timur, Maluku, pada Kamis (3/9/2020), pukul 00.46 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan informasi dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada di titik koordinat 2,91 Lintang Selatan (LS), 130,46 Bujur Timur (BT). Lokasi gempa […]