Kasus Covid-19, Epidemiolog Minta Pemprov DKI Maksimalkan Strategi Esensial

https: img.okezone.com content 2020 10 02 338 2287108 kasus-covid-19-epidemiolog-minta-pemprov-dki-maksimalkan-strategi-esensial-lghdgZlQxX.jpg

JAKARTA – Angka penularan kasus Covid-19 masih saja berlangsung tinggi, kendati Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat DKI Jakarta telah berlangsung dua pekan.

Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mendorong agar Pemprov DKI Jakarta memaksimalkan strategi esensial dengan testing, trasing, dan karantiana/isolasi.

“Sehingga yang dilakukan peningkatan kapasitas dan program esensialnya testing, tracing, karantina, dan perubahan prilaku. Strategi tambahan ini harus dilakukan dengan matang. Karena jika tidak semua bersinergi ya lebih naik lagi, memilih penguatan strategi esensial saja,” kata Dicky kepada Okezone, Jumat (2/10/2020).

 Baca juga:  Begini Fasilitas Kamar Isolasi Pasien Covid-19 di Graha Wisata TMII

Dicky mengatakan, PSBB Ibu Kota seharusnya dilakukan dengan dosis yang optimal. Dia melanjutkan, PSBB ketat juga perlu dilakukan oleh pemerintah daerah penyanggah.

“Karena kalau hanya DKI saja tidak akan efektif karena hanya kembali berulang. Karena ada kasus impor lokal, yang terus terjadi. Hanya cukup satu, dua, tiga orang saja (terpapar corona) bisa membuat kondisi DKI ini misalnya terkendali bisa jadi tidak terkendali,” jelas dia.

 Bbaca juga: Hotel Covid-19 Sediakan Tenaga Medis untuk Rawat Pasien Isolasi

Ia menilai, wajar jika kasus Covid-19 DKI Jakarta masih berlangsung fluktuatif. Pasalnya, sejumlah daerah penyanggah Ibu Kota tidak menerapkan PSBB ketat sehingga masih banyak warga yang saling menularkan corona di Jakarta.

“Jadi apa yang dilakukan dalam dua Minggu itu tidak langsung dilihat dalam dua Minggu itu juga. Bisa dilihat dua Minggu setelahnya, itu pun jika dilakukan secara optimal,” tandas dia.

(wal)

1
1

  • #Covid-19
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • # Covid-19 Jakarta

Next Post

Politik kemarin, Mahfud terkait Papua hingga Ganjar salip Prabowo

Jum Okt 2 , 2020
Jakarta – Beberapa berita politik kemarin, Kamis (1/10/2020), yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik dibaca kembali, mulai dari Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan pemerintah tak negosiasi terkait kemerdekaan Papua hingga survei yang menyebutkan elektabilitas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyalip Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Berikut lima berita politik kemarin yang masih […]