Kasus Covid-19 DKI di Bawah 1.000, Epidemiolog Soroti Tingginya Angka Kematian

https: img.okezone.com content 2020 10 21 338 2296961 kasus-covid-19-dki-di-bawah-1-000-epidemiolog-justru-soroti-tingginya-angka-kematian-8MiVz57JjN.jpg

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mencatatkan angka penularan kasus Covid-19 di Ibu Kota di bawah 1.000 kasus per hari pada pekan ini.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, penularan di bawah 1.000 kasus per hari di Jakarta merupakan kabar baik. Ia pun percaya dengan data Covid-19 di Ibu Kota.

“Kasus baru di Jakarta di bawah 1.000 itu kabar bagus!. Relatif bisa dipercaya untuk Jakarta karena jumlah tesnya memadai dari target yang diberikan WHO,” kata Dicky saat dikonfirmasi Okezone, Rabu  (21/10/2020).

Baca Juga: Pemkot Depok Gelar Rapat Simulasi Suntik Vaksin Covid-19 Hari Ini

Meski demikian, Dicky meminta Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 tetap harus mewaspadai angka kematian karena Covid-19 yang sudah menembus angka 2.000 kasus.

“Jakarta sudah menjadi 2.000. Artinya tinggi dan ini bukan hal yang menggembirakan karena data kematian di Dinas Pemakaman ini ternyata punya selisih yang besar ada 7.000 selisihnya (kasus kematian),” terang Dicky.

Dicky menduga, angka positivity rate yang sempat meninggi di Ibu Kota menggambarkan masih banyak kasus Covid-19 yang tidak terdeteksi di masyarakat. “Dengan data selisih kematian ada 30-an per hari ini data serius karena harus ditelesuri sebab musababnya, terutama testing untuk kelompok berisiko,” ujar dia.

Baca Juga: Waspadai Klaster Demo, Pesan Satgas: Ingat Covid-19 Itu Mematikan 

Menurut Dicky, angka kematian merupakan indikator yang valid untuk melihat performa pengendalian Covid-19 di satu wilayah.

“Karena provinsi besar memiliki angka kematian yang tinggi. Ini memberi pesan serius terutama di Jawa Barat, Jateng, dan Jatim punya PR besar untuk meningkatkan performa mereka terutama di aspek testingnya,” turut Dicky.

(Ari)

  • #jakarta
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Polisi Amankan Ambulans yang Viral Bawa Seserahan Pernikahan

Rab Okt 21 , 2020
PALEMBANG – Akhirnya mobil ambulans yang sempat viral di media sosial dan banyak menuai kritikan dari netizen gara-gara membawa seserahan pernikahan di Palembang, Sumatera Selatan berhasil diamankan Satuan Reskrim Polrestabes Palembang, Selasa 20 Oktober  2020 sekitar pukul 15.00 WIB. Kapolrestabes Palembang, Kombas Pol Anom Setyadji melalui Kasat Lantas, Kompol Yakin […]