Jubir Wapres Minta Kemenag Libatkan Ormas Islam untuk Sosialisasikan Pembatalan Haji

JAKARTA – Juru Bicara (Jubir) Wakil Presiden (Wapres) Masduki Baidlowi menilai Kementerian Agama (Kemenag) perlu melakukan sosialisasi terkait dengan pembatalan haji tahun ini. Hal ini menyusul adaya keputusan pemerintah yang kembali tidak memberangkatkan jamaah haji ke Tanah Suci 

“Saya kira Kemenag harus banyak memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Dia pun mengatakan bahwa sebaiknya Kemenag melibatkan organisasi-organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dan sebaiknya Kemenag lebih sering bersilaturahim dengan pimpinan-pimpinan ormas Islam seperti Muhammadiyah, NU, dan MUI. Jangan bergerak sendiri. Mari bergerak bersama-sama. Supaya apa? Supaya kita itu kompak menjelaskan keapda umat,” ujarnya.

Baca juga: Tepis Hoax Soal Pembatalan Haji, Dubes RI di Saudi: Diumumkan Saja Belum Bagaimana Dapat Kuota?

Sebelumnya Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas secara langsung mengumumkan soal kebijakan pembatalan pengiriman jamaah haji tahun 2021.

“Menetapakan pembatakan pengiriman jamaan haji bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan lainnya,” ungkap Yaqut.

Baca juga: Haji 2021 Dibatalkan, PBNU: Mudah-mudahan Allah Memberi Pahala Atas Kesabaran Ini

Ada beberapa pertimbangan pemerintah sehingga memutuskan untuk tdiak membernagkatkan jemaah haji tahun ini. Salah satunya adalah faktor keamanan dan kesehatan di mana jamaah haji bisa terancam terpapar Covid-19. Apalagi, saat ini ada varian Covid-19 baru yang melanda di beberapa negara.

“Bahwa pemerintah bertanggung jawab untuk menjaga dan melindungi warga negara Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri, melalui upaya penanggulangan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Arab Saudi belum juga mengumumkan soal kebijakan haji tahun ini. Sementara itu Indonesia membutuhkan waktu yang cukup untuk memeprsiapkan pelayanan bagi jamaah haji.

(fkh)

  • #Sosialisasi Pembatan Haji Libatkan Ormas Islam
  • #Pembatalan Haji
  • #Haji

Next Post

Ibadah Haji Dibatalkan, Jubir Wapres: Menghindari Covid-19 Itu Juga Ibadah

Jum Jun 4 , 2021
JAKARTA – Juru Bicara (Jubir) Wakil Presiden (Wapres), Masduki Baidlowi mengatakan bahwa keputusan pemerintah untuk tidak memberangkatkan haji karena berbagai pertimbangan. Salah satunya pertimbangan ormas-ormas Islam besar yang mengimbau untuk tidak melaksanakan haji tahun ini. “Karena memang antara tahun ini dengan tahun sebelumnya tidak ada bedanya covid ini. Bahkan sekarang […]