Jadi Calon Kapolri, Listyo Sigit Ikuti Jejak 3 Senior dari Bareskrim

https: img.okezone.com content 2021 01 14 337 2344090 jadi-calon-kapolri-listyo-sigit-ikuti-jejak-3-senior-dari-bareskrim-U2HzyfydAn.jpg

JAKARTA – Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon kapolri, untuk mengantikan Jenderal Pol Idham Azis. Nama Sigit telah diserahkan kepada DPR untuk diuji kelayakan dan kepatutan.

Penunjukan Sigit tertera dalam surat presiden (supres) yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021. Menindaklanjuti surat tersebut, DPR akan melaksanakan mekanisme internal.

Baca juga:  Komjen Listyo Dinilai Dapat Perkuat Sinergi Ulama dan Umara

Puan menuturkan, mekanisme internal DPR mencakup rapat pimpinan, rapat badan musyawarah, pemberitahuan tentang masuknya Surat Presiden tentang Pencalonan Kapolri serta penugasan Komisi terkait, yaitu Komisi III untuk melakukan fit and proper test.

“Hasil fit and proper test di Komisi III akan kembali dibawa dalam Rapat Paripurna untuk mendapatkan persetujuan Dewan,” kata Puan Maharani.

 Baca juga: Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Diminta Segera Konsolidasi Internal

Berdasarkan pengalaman selama ini, calon yang diusulkan Presiden akan mulus terpilih sebagai kapolri. Dengan kata lain, Sigit hanya tinggal tunggu waktu untuk disahkan dan dilantik sebagai kapolri.

Mengacu pada sejarah Polri, kapolri pertama dilantik Presiden Soekarno pada 29 September 1945. Sosok tersebut yakni Komjen Pol Raden Said Soekanto Tjokroadiatmodjo.

 

Seiring waktu, telah 23 figur menempati jabatan tertinggi Korps Bhayangkara ini (tanpa memperhitungkan pelaksana tugas dan pejabat sementara/kapolri de facto). Dari jumlah tersebut terdapat tiga sosok yang jabatan terakhirnya kabareskrim, sebelum ditunjuk Presiden sebagai kapolri.

Jika tidak ada halangan, Sigit akan menjadi figur keempat, dari kabareskrim menuju Tri Brata 1 (sandi kapolri).

Berikut tiga figur tersebut:

1. Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD)

– Menjabat: 1 Oktober 2008-22 Oktober 2010

– Jabatan sebelumnya: Kabareskrim

2. Jenderal Pol Sutarman

– Menjabat: 25 Oktober 2013-16 Januari 2015

– Jabatan sebelumnya: Kabareskrim

3. Jenderal Pol Idham Azis

– Menjabat: 1 November 2019-Januari 2021

– Jabatan sebelumnya: Kabareskrim

1
2

  • #bareskrim polri
  • # Kabareskrim Polri
  • #DPR RI
  • # Kapolri Jenderal Idham Aziz Pensiun
  • #Bursa Kapolri
  • #Komjen Listyo Sigit Prabowo

Next Post

Berikut 5 Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini

Kam Jan 14 , 2021
JAKARTA – Polda Metro Jaya menggelar pelayanan SIM keliling di lima titik di Jakarta, untuk memudahkan masyarakat dalam memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Pelayanan SIM keliling ditempatkan sesuai dengan lima administrasi kota Jakarta masing-masing. Adapun layanan SIM keliling beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Melansir twitter resmi @TMCPoldaMetro, berikut […]