Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Kian Santer, Istana Minta Publik Bersabar

https: img.okezone.com content 2020 12 22 337 2331805 isu-reshuffle-kabinet-jokowi-kian-santer-istana-minta-publik-bersabar-sbwYiRd2xA.jpg

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan segera mengumumkan reshuffle kabinet. Kabar yang beredar, Jokowi memperkenalkan calon menteri baru hari ini, Selasa 22 Desember 2020.

Reshuffle kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin santer terdengar setelah dua menterinya terjerat dugaan praktik korupsi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin meminta agar publik bersabar soal isu perombakan kabinet kerja Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia enggan memastikan ihwal reshuffle yang bakal dilakukan Presiden Jokowi.

“Satu kata kunci, sabar, sampai Bapak Presiden mengumumkan kalau-kalau adanya perombakan anggota kabinet Beliau,” kata Ngabalin saat dikonfirmasi MNC Media, Selasa (22/12/2020). 

Ngabalin. (Foto: BBC News Indonesia)

Menurut Ngabalin, perombakan kabinet mutlak hak prerogatif Presiden Jokowi. Ia pun menjawab diplomatis saat dikonfirmasi ihwal pengumuman perombakan kabinet oleh Presiden Jokowi yang akan dilaksanakan pada Rabu, 23 Desember 2020.

Baca juga: Jokowi Kenalkan Menteri Baru Hari Ini? Istana: Bisa Pagi atau Siang

“Presiden memiliki hak prerogatif atas agenda ini. Soal waktu sangat tergantung kepada presiden,” ujarnya. 

Sekadar informasi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin sempat melakukan rapat intern dengan Presiden Jokowi pada Senin, 21 Desember 2020. Rapat itu hanya dilakukan berdua di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. 

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengaku tidak mengetahui dengan pasti apa yang dibahas antara Ma’ruf Amin dengan Jokowi. Ada kemungkinan, kata Masduki, keduanya membahas soal perombakan kabinet.  

“Bisa jadi, karena kalau pembicaraan intern itu biasanya pengalaman yang terjadi selama ini beberapa kali Presiden mengajak rapat Wakil Presiden secara intern empat mata, dan itu biasanya terkait isu-isu strategis, isu yang hangat, dan ini tidak hanya sekali dua kali, sering,” ucap Masduki saat dikonfirmasi.

1
2

  • #Ali Mochtar Ngabalin
  • #jokowi
  • #Reshuffle Menteri
  • #Reshuffle Kabinet Jokowi

Next Post

Ini Nama-Nama yang Santer Beredar Bakal Masuk Kabinet

Sel Des 22 , 2020
JAKARTA – Isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), santer terdengar setelah dua menterinya, Edhy Prabowo dan Juliari Peter Batubara ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Isu itu diperkuat setelah Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin menggelar rapat intern pada Senin, 21 Desember 2020. Rapat antara Jokowi dan Ma’ruf Amin itu […]