Insinyur Perancang Pintu Emas Ka’bah Meninggal Dunia di Jerman

https: img.okezone.com content 2020 12 23 18 2332947 insinyur-perancang-pintu-emas-ka-bah-meninggal-dunia-di-jerman-EYAlU4sjiC.jpg

DUBAI – Muneer Sarri Al Jundi, insinyur Suriah yang merancang pintu Ka’bah di Makkah pada masa pemerintahan almarhum Raja Khalid Bin Abdul Aziz (1975 hingga 1982), telah meninggal dunia di Stuttgart, Jerman selatan, pada Sabtu (19/12/2020).

Al Jundi, yang lahir di Homs, menggunakan 280kg emas murni dalam mendesain pintu Ka’bah yang terletak di tengah Masjidil Haram Makkah. Al Jundi ditugaskan untuk mendesain pintu Ka’bah karena keahliannya yang luar biasa. Pintu itu dipasang pada 1978.

BACA JUGA: Mekkah Lockdown, Pria Ini Duduk Bersimpuh Sendiri di Depan Ka’bah

Ka’bah dianggap sebagai situs paling suci di Bumi oleh semua Muslim karena ke sanalah umat Islam di seluruh dunia menghadap saat melakukan sholat lima waktu.

Kisah merancang pintu Ka’bah dimulai pada 1976, ketika almarhum Raja Khalid melakukan sholat di Masjidil Haram setelah itu ia menugaskan merancang pintu Ka’bah dan mengarahkannya agar terbuat dari emas murni, demikian diwartakan Gulf News.

BACA JUGA: Masjid Al-Aqsa Jadi Kiblat Pertama Umat Islam Sebelum Ka’bah

Pintunya dirancang oleh Al Jundi di pabrik Syekh Mahmoud Badr, salah satu pandai emas besar di Makkah saat itu. Al Jundi juga mendapat kehormatan karena namanya tertulis di pintu Ka’bah sebagai seorang desainer.

Pintunya setinggi tiga meter, lebar dua meter, dan dalamnya setengah meter. Terdiri dari dua kemudi dan alas yang terbuat dari kayu Maca Moong Thailand, kayu termahal di dunia. Garis-garis yang terukir di pintu dibuat oleh Syekh Abdul Rahim Bukhari.

(dka)

  • #Jerman
  • #Kakbah

Next Post

Habib Rizieq Tak Permasalahkan Jadi Tersangka Kerumunan di Bogor, Asal...

Kam Des 24 , 2020
JAKARTA – Wakil Sekretaris Umum, Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyampaikan pesan Habib Rizieq Shihab (HRS), dari balik jeruji tahanan Polda Metro Jaya menyusul penetapan tersangka kasus kerumunan di Megamendung, Bogor. Aziz mengatakan, bahwa HRS tidak mempersoalkan jika dirinya kembali menjadi tersangka kasus kerumunan, akan tetapi ia minta keadilan […]