Ini Saran Satgas Tangani Napi Positif Covid-19

https: img.okezone.com content 2020 10 06 337 2289554 ini-saran-satgas-tangani-napi-positif-covid-19-ThRRTzimjx.jpg

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan terkait penanganan napi positif Covid-19, pihaknya menyarankan lembaga pemasyarakatan (Lapas) mengikuti pedoman yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam rangka penanganan Covid-19.

Menurutnya, isolasi mandiri bisa dilakukan dengan mempertimbangkan fasilitas lapas. “Isolasi dilakukan di dalam UPT pemasyarakatan pelaksana isolasi mandiri. Atas pertimbangan ketersediaan fasilitas dan rekomendasi dari Kanwil Kemenkumham setempat,” katanya saat konferensi pers, Selasa (6/10/2020).

Namun, jika Lapas pada kondisi tidak mampu melakukan isolasi dan tidak terdapat RS rujukan Covid-19 terdekat maka perlu dirujuk ke UPT pemasyarakatan pelaksana isolasi mandiri terdekat. “Area isolasi berada di blok yang terpisah dari kompleks utama dan masih berada di wilayah lapas tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Meningkat, Rumah Sakit di Bogor Mulai Penuh 

Wiku juga mengimbau kepada pihak lapas untuk dapat mengoptimalkan klinik yang sudah ada. Dalam hal ini untuk melakukan cek kesehatan dan screening baik kepada petugas maupun tahanan. “Selain itu higienitas lapas juga harus selalu dijaga. Pihak UPT Pemasyarakatan diharapkan dapat melakukan koordinasi dengan pemda setempat untuk mengatasi dan mencari solusi terkait di wilayah lapas. Kami berharap lapas tidak muncul menjadi sebuah klaster di kemudian hari,” pungkasnya.

(Ari)

  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Sri Haryati Dilantik Jadi Pejabat Sekda DKI Besok

Sel Okt 6 , 2020
JAKARTA – Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda, Sri Haryati dilantik sebagai Penjabat Sekretaris daerah (Sekda) besok Rabu (7/10/2020) di Balai Kota Jakarta. Sri Haryati sebelumnya ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda DKI Jakarta saat almarhum Saefullah dinyatakan positif covid-19. Kepala Badan Kepegawaian Provinsi DKI Jakarta, Chaidir mengatakan pengangkatan Sri Haryati […]