Ini Langkah Antisipasi Kemenkes Jika Pasien Covid-19 Melonjak Drastis

https: img.okezone.com content 2020 11 23 337 2314119 ini-langkah-antisipasi-kemenkes-jika-pasien-covid-19-melonjak-drastis-eMVGfHAFwT.jpg

JAKARTA – Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir mengatakan Kemenkes telah menyiapkan antisipasi jika terjadi lonjakan pasien covid-19. Utamanya dalam hal penyiapan sarana dan prasarana di rumah sakit (RS).

“Kemenkes sebagai langkah antisipasi lonjakan pasien Covid-19, kami telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah antisipasi berupa penyiapan sarana dan prasarana di rumah sakit,” katanya saat konferensi pers, Minggu (22/11/2020).

Dia mengatakan jika kenaikan pasien covid-19 mencapai angka 50% maka RS masih dapat menampung. Namun jika lebih dari 50% maka harus ada penyiapan ruang tambahan di RS.

“Namun demikian bilamana terjadi kenaikan pasien hingga 50 sampai 100%, maka Kemenkes telah memerintahkan kepada semua rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur dengan menambahkan ruang perawatan pasien Covid-19. Tentunya menambah ruangan isolasi dan juga menambahkan ruangan ICU,” tuturnya.

Lebih lanjut Abdul juga mengungkapkan bahwa ketersediaan obat sangat mencukupi. Termasuk juga buffer stock juga cukup.

“Demikian juga dengan ketersediaan peralatan kesehatan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjalankan 3M. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan pakai sabun.

“Saya kira ini semua penting untuk memutus penularan covid-19,” pungkasnya. Dita angga

(kha)

  • #Kemenkes
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Jika Terjadi Kerumuman, Kemenkes Bakal Lacak Covid-19 hingga ke Kecamatan

Sen Nov 23 , 2020
JAKARTA – Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat memastikan bahwa Kemenkes dan fasilitas pelayanan kesehatan akan terus melakukan pelacakan. Termasuk di tataran Puskesmas. “Pelacakan dilakukan secara agresif di tingkat kecamatan. Terutama yang memiliki kerumunan dengan jumlah massa besar. Selain itu juga dilakukan pemantauan yang […]